Dewan Minta Pembuatan Jalan Harus Diiringi dengan Drenase

Jumat, 17 Juni 2016 - 20:58:03 wib | Dibaca: 3216 kali 
Dewan Minta Pembuatan Jalan Harus Diiringi dengan Drenase
yusuf sikumbang

GagasanRiau.com Pekanbaru - Hujan kembali mengguyur beberapa daerah di Provinsi Riau sejak beberapa hari belakangan. Untuk menghindari terjadinya banjir, seperti sebelumnyananggota DPRD Riau dapil Pekanbaru, Yusuf Sikumbang mengatakan, harus segera dicarikan solusi sehingga banjir dapat diminimalisir.

Menurut Yusuf, tidak adanya drenase yang memadai menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir. Masih banyak di ruas jalan drenasenya tidak bisa menampung dan mengaliri air hujan dengan maksimal. Sehingga pada setiap musim hujan, ruas-ruas jalan di Pekanbaru sering digenangi air.

“Hampir di seluruh jalan di Pekanbaru tidak ada drenase  dan tidak ada memiliki penampungan air pinggir jalan yang jelas. Hal ini juga menjadi keluhan oleh masyarakat saat kita reses kemaren,” kata Yusuf Sikumbang.

Dikatakan politisi PKB ini, setiap pembuatan jalan harusnya diiringi dengan pembangunan drenase dipinggir jalan. Karena itu, dia meminta kepada dinas terkait seperti Bina Marga dan Cipta Karya yang memiliki tanggungjawab terhadap pembangunan jalan di Kota Pekanbaru untuk membangun drenase tersebut setiap pembangunan jalan.

“Jalan terus ditambah dan diaspal, namun drainase masih kurang terperhatikan, inilah yang menyebabkan terjadinya banjir,” ulasnya.
 
Selain itu, Pemko Pekanbaru yang memberi izin mendirikan bangunan diharapkan agar lebih diperketat pengawasannya. Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang telah dikeluarkan, menurutnya harus memberikan ketentuan terkait aturan drainase tersebut, sehingga banyak dibangun drenase-drenase nantinya dapat menimalisir banjir.

Namun demikian, kalau pun drainase sudah teratur nantinya, menurutnya banjir juga belum tentu menghilang di Pekanbaru. Karena, saat ini juga masih belum jelas air-air dari drenase tersebut mengalir kemana. Karena itu, menurutnya perlu dibangun satu atau dua buah waduk. Setelah itu, bisa dialirkan ke sungai terdekat seperti Sungai Kampar air dari drainase tersebut. (*)

 
 


Loading...
BERITA LAINNYA