Umbar Janji Kembali, Besok PT MIG Janji Bayar Gaji Buruh Kebersihan

Kamis, 30 Juni 2016 - 18:17:23 wib | Dibaca: 2777 kali 
Umbar Janji Kembali, Besok PT MIG Janji Bayar Gaji Buruh Kebersihan

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Setelah sebelumnya sempat dijanjikan akan dibayar pada tanggal (28/6/2016) kali ini PT Multi Inti Guna (MIG) berjanji akan membayarkan gaji buruh pengangkut sampah di Kota Pekanbaru pada Jumat (1/7) besok.

"Insyaallah, jika tidak ada kendala pada besok Jumat gaji karyawan PT MIG kami cairkan," kata Humas PT MIG, OK Siti Chairiah di Pekanbaru, Kamis dikutip dari antarariau Kamis (30/6/2016).

Menurut dia  karyawan PT MIG sudah tidak dibayarkan gajinya selama dua bulan. Keputusan pencairan ini disetujui setelah adanya kesepakatan antara Pemko Pekanbaru dengan PT MIG bahwa jumlah dana yang dicairkan pada tahap ini nilainya sebesar Rp1,1 miliar.

"Dengan dana itu kami baru bisa membayarkan gaji 350 karyawan PT MIG," katanya lagi.

Walau diakuinya jumlah ini masih kurang jika dihitung dengan semua biaya lainnya. namun sambung OK untuk membantu karyawan pihaknya akan memperioritaskan.

"Kami tidak mempermasalahkannya nanti diurus belakangan," tegas dia lagi.

OK menambahkan walau sudah ada kesepakatan untuk pencairan dana, namun PT MIG tetap akan melanjutkan proses hukum yang sedang berjalan terkait tuntutan pemutusan hubungan kerja sepihak yang dilakukan Pemko.

"Baik itu di Pengadilan Negeri Pekanbaru ataupun di PTUN, laporan tetap berjalan, proses hukum tetap kami tempuh hingga dikeluarkannya ketetapan hukum tetap," katanya menambahkan.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Pekanbaru Zulkifli Harun ditempat yang sama membenarkan bahwa PT MIG saat ini sedang melakukan pengurusan berkas pencairan dana ke Pemko lewat Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

"Jika sesuai prosedur dan lancar Jumat akan cair uangnya," kata Zulkifli.

Zul menegaskan Pemko akan melakukan pengawalan dalam proses pemanfaatan uang tersebut bagi pembayaran gaji buruh sampah. Ia juga mengajak semua pihak unsur dan organisasi mahasiswa agar mengawal proses pembayaran gaji nantinya.

"Sehingga semua urusan upah selesai dan tidak ada lagi yang dirugikan," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan ratusan eks karyawan PT MIG menggelar aksi di depan kantor Walikota Pekanbaru Rabu pagi kemaren.

Selain membawakan spanduk yang berisikan kekecewaan terhadap PT MIG dan pemerintah kota (Pemko) aksi juga nekat menjadi pocong untuk menuntut hak-hak mereka yang terzolimi.

"Sampai matipun kami akan tuntut hak kami ini, jadi Pak Wali cairkan gaji, kami kelaparan., tolong - tolong," teriak massa aksi.

Sejauh ini belum ada pihak Pemko yang menemui massa aksi hingga mereka menginap dan memasang tenda di depan kantor.

"Kami akan tidur disini hingga gaji dibayar," kata kata Andi (40 th) salah satu petugas kebersihan Lima Puluh.

Editor Arif Wahyudi


Loading...
BERITA LAINNYA