Marwan: Pemrov Abaikan Lumbung Kemiskinan Riau di Daerah Pesisir

Jumat, 29 Juli 2016 - 06:03:54 wib | Dibaca: 2328 kali 
Marwan: Pemrov Abaikan Lumbung Kemiskinan Riau di Daerah Pesisir
Marwan Yohanis

PEKANBARU - Lumbung kemiskinan Riau ternyata terletak di daerah pesisir, dengan profesi masyarakatnya sebagai nelayan. Potensi alam yang ada tidak sejalan dengan nasib nelayannya, tetapi pajak dan retribusi tetap ditarik pemerintah dari mereka.

"Pajaknya diambil restribusi juga diminta, tetapi bentuk perhatian  pada mereka tidak ada, seharusnya dikembalikan lagi pada  nelayan itu dengan bentuk sesuatu yang bisa diberdayakan dan dimanfaatkan, agar mereka sejahtera," kata Ketua Komisi B DPRD Riau, Marwan Yohanis di Pekanbaru.

Terkesan kata Yohanis, potensi alam perairan Riau hanya menjadi tumpukan kertas, belum ada nilai manfaatnya untuk masyarakat. Karena itu Dinas Pertanian dan Kelautan harus mampu menggali potensi tersebut.
 
"Pemerintah jangan hanya meminta pajak dan restribusi saja pada nelayan, tetapi nasib mereka tidak diperhatikan," katanya.

Menurut Marwan, Pemrov Riau harus perhatian kepada masyarakat yang hidup di daerah pesisir dan berprofesi sebagai nelayan. Misalnya diberikan bantuan sejenis pertanian dan peternakan yang dapat mereka kembangkan.

"Lumbung-lumbung kemiskinan itu ada pada masyarakat yang tinggal di daerah pesisir dan berprofesi sebagai nelayan," kata Marwan.

Marwan meminta Pemrov jangan hanya membiarkan masyarakat itu melaut, lalu pajak dan restribusinya dipungut, tetapi tidak diperhatikan.

Bisa dilihat sambung Marwan, jalan pada daerah pesisir itu belum dibangun, begitu juga dengan fasilitas lainnya yang masih serba kekurangan. Bahkan katanya, komisi B sudah mengusulkan untuk menganalisis ikan asin dan tawar untuk dibudidayakan, tetapi sudah beberapa tahun belum juga ada orientasinya.
    
Menurut Marwan, kedepannya Pemerintah lebih bisa mempelajari kebutuhan yang diinginkan masyarakat, agar bantuan yang diberikan benar-benar sesuai dengan keinginannya dan bisa dimanfaatkan.

"Memang ada bantuan pakan yang diberikan oleh pemda, tetapi yang diberikan ikan nila buat di tepi pantai. Saya lihat itu yang di pulau halang, sinaboi, Rohil diberikan bantuan ikan nila untuk pembibitan di tepi pantai. Mana mungkin bisa hidup dan diberdayakan," kata Marwan.**/Ant


Loading...
BERITA LAINNYA