POLHUT Dumai Berjibaku Padamkan 18 Titik Api di Lahan Masyarakat

Senin, 15 Agustus 2016 - 07:23:49 wib | Dibaca: 2622 kali 
POLHUT Dumai Berjibaku Padamkan 18 Titik Api di Lahan Masyarakat
Foto ilustrasi

GagasanRiau.Com Dumai - Polisi Kehutanan Kota Dumai saat ini berjibaku memadamkan kebakaran hutan lahan di sejumlah kecamatan, dengan jumlah 18 titik.

Kepala Bidang Kehutanan pada Dinas Pertanian Kehutanan Dumai Hadiono, Minggu menyebutkan, kemunculan titik api dalam beberapa hari terakhir terus mengalami peningkatan akibat selain kondisi cuaca panas juga ada yang sengaja membakar.

"Petugas gabungan masih bekerja keras memadamkan api kebakaran lahan di 18 titik api yang terpantau satelit," kata Hadiono.

Dikatakan, titik panas kebakaran lahan terpantau satelit berlokasi di Kecamatan Medang Kampai, Dumai Selatan, Bukit Kapur dan Sungai Sembilan.

Lahan terbakar yang telah menyebabkan muncul kabut asap pada pagi hari itu, lanjut dia, merupakan milik masyarakat dan tidak ada perusahaan, terdiri lahan kosong dan areal perkebunan.

"Upaya penanggulangan api terkendali sulitnya mencari sumber air karena saat ini cuaca panas dan menyebabkan kekeringan," kata dia lagi.

Untuk pemadaman api, dilakukan petugas gabungan dari berbagai instansi, yaitu TNI Polri, Polhut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Manggala Agni dan aparatur kecamatan kelurahan serta menggerakkan keterlibatan masyarakat peduli api.

Api yang membakari lahan sejauh ini, diakui dia masih belum dikendalikan karena terkendala sumber air untuk pemadaman dan keterbatasan menembus medan terbakar karena cuaca panas dan terik di Dumai.**/Antara


Loading...
BERITA LAINNYA