MenpanRB Kunjungi Polda Riau Terkait Rencana Kenaikan Status Menjadi Tipe A

Rabu, 07 September 2016 - 14:36:46 wib | Dibaca: 2726 kali 
MenpanRB Kunjungi Polda Riau Terkait Rencana Kenaikan Status Menjadi Tipe A

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Asman Abnur melakukan kunjungan kerja ke Riau. Kunjungan ini terkait akan naikan status Polda Riau dari Tipe B menjadi Tipe A.

Kunjungan dilaksanakan, Rabu (7/9/2016), dengan mendatangi Mapolda Riau. MenpanRB melakukan rapat tertutup bersama Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dengan Kapolda Riau, Brigjen Supriyanto.

Usai menggelar rapat terutup, kepada wartawan Asman Abnur menjelaskan, bahwa kunjungannya untuk melihat persiapan Polda Riau yang akan naik status Tipe A alias akan dipimpin seorang Kapolda berangkat Irjen.

"Saya berpesan agar Polda Riau untuk meningkatkan pelayanan dengan berbasis informasi teknologi sebagai salah satu syarat menjadi Tipe A," katanya.

Untuk menuju ke arah tersebut, lanjutnya, banyak hal yang harus dipersiapkan terutama terkait pelayanan publik. Meningkatkan pelayanan publik dengan penerapan sistem teknologi informasi sehingga dapat dilakukan selama 24 jam.

"Pelayanan publik yang dimaksud bukan hanya sekedar melayani saat jam kerja saja. Tapi pada saat tidur juga bisa melayani. Yang menggantikan saat jam tidur tentunya sistem teknologinya. Pelayanan publik harus siaga 24 jam di Riau ini," kata Asman.

Selain mengevaluasi soal pelayanan publik, Asman juga meminta Polda Riau agar menerapkan pengelolaan administrasi dan pengelolaan anggaran secara elektronik. Dengan demikian bisa mengendalikan sistem anggaran dan kinerja.

"Penerapan teknologi dalam pelayanan publik siaga 24 jam dan sistem administrasi elektronik harus diperhatikan untuk bisa menjadi Tipe A," tegas Asman.

Dia juga meminta agar jajaran Polda Riau dapat mencontoh Polda Jawa Timur yang sudah menerapkan respon cepat dengan istilah 'Panic Button'.

"Jadi dengan menelepon nomor yang telah ada, dalam hitungan 5 menit polisi bisa hadir ditempat kejadian. Ini yang menjadi konsentrasi kita dengan Kapolda Riau yang juga harus diterapkan ke seluruh jajaran Polres," tutup Asman.

Dalam kunjungannya ini, selain ke Mapolda Riau, MenpanRB meninjau Kantor Samsat Pekanbaru di Jl Gajah Mada Pekanbaru. Usai dari sana, melanjutkan kunjungan ke Riau Safety Driving Centre (RSDC). Jl Yos Sudarso Kecamatan Rumbai. Di sana dia langsung melihat kondisi pelayanan pembuatan SIM. Terakhir MenpanRB juga mengunjungi Kantor Gubernur Riau.**/detik.com


Loading...
BERITA LAINNYA