Pompong Hias Warnai Sungai Indragiri Hilir

Senin, 03 Oktober 2016 - 21:45:13 wib | Dibaca: 3144 kali 
Pompong Hias Warnai Sungai Indragiri Hilir
Festival Pompong Hias di Kabupaten Inhil

GagasanRiau.Com Tembilahan - Ketika mendengar kata Pompong masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tidak asing lagi dengan nama itu. Dimana Pompong digunakan oleh masyarakat Indragiri Hilir untuk transportasi mereka, sebab sebagian masyarakat setempat bertempat tinggal disisi perairan Indragiri hilir.

Pompong  (Kendaraan laut) dengan alat tenaga penggerak menggunakan mesin diesel ini merupakan ikon masyarakat Indragiri Hilir yang digunakan oleh masyarakat pesisir berpergian melalui perairan sungai Indragiri menuju Ibu Kota Tembilahan.

Hari ini, Senin (3/10/2016) untuk mengangkat budaya lokal masyarakat Indragiri Hilir, masyarakat Desa Sungai Intan menggelar Iven Festival Sungai Indragiri ketiga dengan budaya lokal berupa Pompong Hias dalam rangka memperingati Gema Muharam 1438 H.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Inhil HM Wardan yang diwakili oleh Asisten II Kabupaten Inhil, Rudiansyah, Anggota DPRD Inhil Yusuf Said, SKPD Inhil, Polres Inhil, Kodim 0314, Camat Tembilahan Hulu Dhoan Dwi Anggara, Upika Tembilahan Hulu, Seluruh Kepala Desa Se-Kecamatan Tembilahan Hulu, serta ribuan masyarakat Indragiri Hilir.

"Dengan digelarnya festival ini, Pemerintah Kabupaten Inhil sangat mengapresiasi dimana kegiatan ini sebagai ajang hiburan masyarakat sekaligus menggemakan tahun baru Islam. Semoga kedepan kegiatan tradisional ini menjadi iven kegiatan tahunan. Sebab Pompong adalah simbol kearifan masyarakat Inhil, " ucap Wardan yang diwakili oleh Asisten II Kabupaten Inhil, Rudiansyah.

Bupati Wardan juga berharap kegiatan tradisional ini bisa diselenggarakan menjadi kegiatan tahunan, guna melestarikan kegiatan-kegiatan masyarakat Inhil.

"Untuk itu saya berharap kepada instansi terkait agar mensufot dan mendukung terus budaya tradisional. Dan kepada masyarakat, saya menyampaikan ucapan terimakasi sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik. Dengan kegiatan ini sekaligus merayakan tahun baru islam, semoga kita memaknai pergantian tahun islam, menjadi pribadi yang baik," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Intan, Ahmad Ependi saat diwawancarai oleh GagasanRiau.com mengungkapkan  bahwa pelaksanaan festival tersebut merupakan kegiatan yang ketiga kali ditahun yang ketiga yang diikuti oleh seluruh Desa di Kecamatan Tembilahan. .

"Perayaan di tahun ke 3 ini Alhamdulillah dapat diikuti seluruh Desa yang ada di Tembilahan Hulu, menjadi sebuah peningkatan karena sebelumnya hanya antar RT/RW," kata Ependi.

Beliau berharap kedepannya Iven tersebut bisa lebih meningkat lagi, baik peserta dan juga pelaksanaannya yang akan diupayakan menjadi iven tahunan masyarakat Indragiri hilir.

Untuk diketahui, fawai Pompong Hias tersebut diawali dengan pelepasan bibit ikan secara simbolis oleh Bupati HM Wardan yang diwakili Asisten II dan didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, anggota DPRD Inhil Yusuf Said, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Junaidi, Perwakilan Dinas Perikanan Inhil, Camat Tembilahan Hulu Dhoan Dwi Anggara, Kepala Desa Sungai Intan Ahmad Efendi.

Selanjutnya melaksanakan pawai pompong di sungai Indragiri menuju ke Tembilahan, dan diikuti peserta pompong hias sebanyak 22.

Reporter: Daud M Nur


Loading...
BERITA LAINNYA