Kepala Badan BPMPD Yulizal: Program Bupati Inhil Terbilang Sukses Dilaksanakan

Sabtu, 01 Oktober 2016 - 21:53:37 wib | Dibaca: 2866 kali 
Kepala Badan BPMPD Yulizal: Program Bupati Inhil Terbilang Sukses Dilaksanakan

GagasanRiau.Com Tembilahan - Kepala Badan Pemberdayan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), H. Yulizal MM menyatakan bahwa program unggulan Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan terbilang sukses dilaksanakan.

Program tersebut berupa program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) dana desa dimana untuk tahap pertama sudah selesai terserap ke seluruhan Desa yang ada di Inhil.

Yulizal juga menyebutkan pembangunan yang dilakukan di setiap Desa menggunakan DMIJ sekarang ini tidak terlepas dari dana yang diberikan pemerintah, baik yang bersumber dari kabupaten, provinsi dan pusat untuk mendukung pembangunan yang ada di desa-desa.

"Semua desa sudah menyerap dana desa pada tahap pertama,  saat ini pembangunan sedang berlangsung.  Ada yang sudah selesai dan ada pula yang masih dalam proses pekerjaan," Ungkap Kepala BPMPD Inhil H Yulizal MM belum lama ini.

Selain itu Yulizal mengingatkan untuk selanjutnya desa bisa mengajukan pencarian dana desa tahap ke 2. Baik itu dana yang berasal dari pemerintah pusat maupun dari Kabupaten. Akan tetapi, katanya harus terlebih dahulu menyelesaikan segala urusan tahapan administrasi pada tahapan pertama.

"Sudah bisa, desa tinggal mengajukan saja pencariannya dan akan masuk ke rekening desa dana tersebut, dengan catatan harus  menyelesaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana pada tahapan sebelumnya, dan Jika SPJ sudah selesai, maka pengajuan dan pencairan bisa dilakukan," terangnya.

Lebih jauh Yulizal juga berharap, bagi desa yang sudah selesai melakukan pekerjaan tahap pertama dari program pembangunan desa yang berasal dari pusat maupun dari program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) supaya segera menyelesaikan SPJ penggunaan dana.

Karena, mengingat pada Oktober ini pemerintah menargetkan dana desa tahap ke 2 sudah harus terserap, dan waktu pelaksanaan pekerjaan hanya tinggal beberapa bulan saja lagi.

"Desa harus mengesa berbagai kegiatan.  Saat ini musim kerja,  jadi pihak desa harus fokus pada pekerjaan hingga target pembangunan di desa-desa dapat tercapai dengan maksimal," tutupnya.

Reporter Daud M Nur


Loading...
BERITA LAINNYA