DPRD Inhil Himbau Dishubkominfo Periksa Kelayakan Penunjang Keselamatan Sarana Transportasi Laut Dan Sungai

Jumat, 21 Oktober 2016 - 21:15:22 wib | Dibaca: 3201 kali 
DPRD Inhil Himbau Dishubkominfo Periksa Kelayakan Penunjang Keselamatan Sarana Transportasi Laut Dan Sungai
Wakil Ketua Komisi III DPRD Inhil, Edi Haryanto Sindrang

GagasanRiau.Com Tembilahan - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menghimbau kepada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) agar memeriksa kelayakan dan peralatan penunjang keselamatan pada sarana transportasi laut dan sungai yang kerap digunakan oleh masyarakat.

Himbauan ini dilatarbelakangi oleh relatif seringnya terjadi kecelakaan laut (Lakalaut) di kawasan perairan Kabupaten Inhil yang melibatkan sarana transportasi laut dan sungai, seperti speed boat.

"Beberapa waktu belakangan ini, kami (DPRD Inhil, red) melihat kecelakaan laut memang marak. Sehingga, timbul keraguan kami atas kelayakan sarana transportasi massal yang beroperasi di perairan Kabupaten Inhil ini, seperti speed boat," ujar Edi Haryanto Sindrang kepada GagasanRiau.Com, Tembilahan, beberapa waktu lalu.

Menurut Edi Haryanto Sindrang, Dishubkominfo harus lebih pro-aktif dalam melakukan pengawasan terhadap kelayakan sarana transportasi laut dan sungai ini. Karena, katanya, ini menyangkut nyawa manusia sebagai penumpangnya.

"Keselamatan penumpang harus diprioritaskan. Untuk itu, tak hanya kelayakan sarananya saja yang perlu diperhatikan, melainkan juga peralatan penunjang keselamatan, seperti pelampung turut menjadi fokus pengawasan oleh Dishubkominfo," tukas Edi Haryanto Sindrang.

Terakhir, Edi Haryanto Sindrang berharap, agar jangan lagi ada kecelakaan serta korban jiwa dikarenakan ketiadaan kesiapan berlayar pada setiap sarana transportasi laut dan sungai tersebut.

"Tolong kepada pihak agen dan dishubkominfo untuk concern akan hal ini. Ini tidak main-main. Lakukan docking secara periodik dan lengkapilah peralatan penunjang keselamatan bagi para penumpang. Paling tidak melalui upaya ini, prevalensi (tingkat, red) Lakalaut di kawasan perairan Kabupaten Inhil dapat diminimalisir, Amiin," tandasnya.

Reporter Dedek


Loading...
BERITA LAINNYA