Usai Status Tanggap Darurat Dicabut, Kalaksa BPBD Inhil Datangi Markas Kodim 0314

Jumat, 25 November 2016 - 18:27:54 wib | Dibaca: 2786 kali 
Usai Status Tanggap Darurat Dicabut, Kalaksa BPBD Inhil Datangi Markas Kodim 0314

GagasanRiau.Com Tembilahan - Kepala Badan Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Yuspik mendatangi markas Kodim 0314/Inhil guna menemui Dandim Letkol Inf J Hadiyanto secara khusus.

Bukan hanya Dandim yang didatangi, ternyata Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung SIK juga dijumpainya dalam rangka menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran TNI dan Polri atas berakhirnya dan pencabutan masa tanggap darurat Karhutla di Provinsi Riau, Jum'at (25/11/16).

"Atas sinergi yang telah terbangun dengan baik dengan pihak TNI dan Polri, maka pencegahan dan penanganan Karhutla di Kabupaten Inhil dapat berjalan dengan baik dan menurunnya angka lahan yang terbakar," ungkapnya.

Disebutkan, jika pada tahun 2015 lalu, jumlah lahan yang terbakar seluas 845,9 hektar. Maka, pada tahun ini angka kebakaran tersebut jauh menurun, yakni hanya 80,5 hektar.
"Ini merupakan keberhasilan kita semua dalam mengatasi bahaya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Inhil. Sesuai dengan motto Zero Fire," ujarnya.

Ditempat yang sama, Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung mengungkapkan, keberhasilan penanganan Karhutla ini merupakan hasil kerja keras semua pihak. Polri akan terus memback up berbagai potensi kerawanan yang terjadi, seperti Karhutla dan bencana lainnya.

"Walaupun tanggap darurat Karhutla telah berakhir, namun kami tetap menyiagakan personel dan peralatan pendukung pencegahan di lapangan, sampai tingkat Polsek dan Polpos," tegasnya.

Ke depannya, dalam penanganan Karhutla ini tetap bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat. Juga tetap tegas dalam melakukan penegakan hukum bagi pelaku Karhutla. Dikatakan, penyebaran maklumat Kapolda dan penegakan hukum yang dilakukan saat terjadinya Karhutla, memberikan dampak signifikan terhadap menurunnya tindakan pembakaran hutan dan lahan.

Diwaktu yang berbeda, Dandim 0314/ Inhil Letkol Inf J Hadiyanto menegaskan, selama ini personelnya bersama Polri dan stake holder terkait lainnya telah bekerja maksimal dalam pencegahan dan penanganan Karhutla. "Alhamdulillah, keberhasilan ini karena sinergi semua elemen, khususnya jajaran Polri dan BPBD," imbuhnya.

Walaupun masa tanggap darurat Karhutla sudah berakhir, akan tetapi seluruh personel TNI tetap dalam kondisi siaga jika sewaktu-waktu terhadap bahaya Karhutla.

Reporter Daud M Nur


Loading...
BERITA LAINNYA