Pemprov Riau Didesak Segera Gesa Pembangunan Jembatan Siak IV

Selasa, 10 Januari 2017 - 09:51:07 wib | Dibaca: 6142 kali 
Pemprov Riau Didesak Segera Gesa Pembangunan Jembatan Siak IV

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau diminta untuk segera membuat perencanaan sesegera mungkin untuk menggesa kelanjutan pembangunan Jembatan Siak lV Pekanbaru awal tahun ini. Karena waktu yang ditentukan adalah 18 bulan.

Hal ini disampaikan oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau. Pasalnya kelanjutan pembangunan Jembatan Siak IV tersebut tidak ada masalah lagi soal pembiayaan.

"Pekerjaan ini harus serius dilaksanakan agar cepat dituntaskan. Kita minta pihak pemerintah harus membuat perencanaan dengan baik. Oleh karena itu harus ditenderkan dengan cepat dan harus menjadi prioritas," kata Legislator Komisi D DPRD Riau yang membidangi infrastruktur,  Abdul Wahid di Pekanbaru, Senin (9/1/2017).

Disarankan oleh Abdul Wahid Pemerintah Provinsi Riau harus segera membuat perencanaan dengan rapi sehingga pelaksanaannya tidak terkendala. Maka dari itu harusnya kelanjutan pembangunan Jembatan Siak IV tersebut sudah bisa dilaksanakan saat ini.

"Tidak ada yang perlu ditunggu lagi dalam pelaksanaannya, waktu terus berjalan. Jangan sampai ini tertunda lagi," tegasnya.

Sementara itu Sekretaris Komisi D DPRD Riau Asri Auzar mengatakan kegiatan tersebut tinggal dilaksanakan oleh tim teknis dari Dinas Bina Marga Provinsi Riau. Adapun anggarannya dalam pengerjaan kegiatan tersebut adalah sebanyak 118 miliar untuk 18 bulan.

"Dana yang tersedia dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2017 ini adalah Rp 66 miliar. Sedangkan sisanya akan dicairkan rencananya dalam APBD perubahan 2017 ini," imbuhnya.

Karena tidak ada informasi perkembangannya, Politisi Demokrat ini  mengatakan pihaknya rencananya akan memanggil pihak Dinas Bina Marga Provinsi Riau. Pekan depan akan dilakukan rapat untuk menanyakan kelanjutan pembangunan Jembatan Siak IV tersebut.

"Minggu depan kita akan rapat dengar pendapat dengan dinas bina marga agar nantinya tidak ada kendala dalam pelaksanaan," tuturnya.

Pengerjaan pembangunan Jembatan Siak IV telah dimulai sejak tahun 2009 yang berjalan lima tahun. Sejak 2014 pembangunannya mangkrak karena Mantan Gubernur Riau Annas Maamun minta pembangunannya diaudit dulu oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Setelah diberikan lampu hijau untuk melanjutkan, tahun 2016 tidak dianggarkan karena tak masuk dalam usulan Musyawarah Rencana Pembangunan.

Jembatan Siak IV menghubungkan Jalan Jenderal Sudirman-wilayah Rumbai di Kota Pekanbaru dengan panjang mencapai 834 meter dan lebar 18,5 meter. Secara fisik yang belum tuntas adalah bagian di atas sungai, sementara bagian bibir dan pancang di tengah atau "single pylon" sudah selesai.(ANT)

Editor Arif Wahyudi


Loading...
BERITA LAINNYA