PT SAU Tembaki Warga Desa Teluk Binjai Teluk Meranti

Rabu, 31 Mei 2017 - 13:26:44 wib | Dibaca: 2942 kali 
PT SAU Tembaki Warga Desa Teluk Binjai Teluk Meranti

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU — Organisasi Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari) mengutuk tindakan sekuriti PT Selaras Abadi Utama (SAU) yang menembakkan cairan kimia dan memukul ratusan warga Desa Teluk binjai, Kecamatan Teluk Meranti hingga mengakibatkan 6 warga mengalami cedera mata pada 18 Mei 2017 di Pos Security areal konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) perusahaan tersebut.

“Tindakan PT SAU ini membuktikan bahwa komitmen SFMP APRIL bagus hanya di atas kertas. APRIL telah membohongi publik melalui SFMP,” kata Woro Supartinah, Koordinator Jikalahari.

Sekretaris Jenderal Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) Isnadi Esman menerangkan, “JMGR mendukung aksi masyarakat untuk menuntut haknya. JMGR menilai PT SAU sangat arogan dan tidak beradab. Ini merupakan pelanggaran berat atas Hak Asasi Manusia (HAM) dalam bisnis yang dijalankan oleh perusahaan.

Aksi tersebut berawal dari kekecewaan warga kepada PT. SAU yang tidak mau menyelesaikan kesepakatan dengan koperasi masyarakat. Sejak tahun 2005 PT SAU menjanjikan fee sebesar Rp 1,5 Milyar fee kayu dari lahan kerjasama antara Koperasi Masyarakat dengan PT SAU, namun hingga kini hanya terlaksana Rp. 885 Juta.

“Selain itu pada kesepakatan awal itu dulu perusahaan menyanggupi untuk mengutamakan masyarakat lokal untuk berkerja di perusahaan tapi sampai sekarang tidak ada sama sekali,” kata Isnadi Esman, Sekjen Jaringan Masyarakat Gambut Riau. “Masyarakat ditipu oleh PT SAU.”

Editor Arif Wahyudi


Loading...
BERITA LAINNYA