Duit Banyak Pemprov Riau Tak Becus Gunakannnya

Selasa, 15 Agustus 2017 - 19:08:07 wib | Dibaca: 5676 kali 
Duit Banyak Pemprov Riau Tak Becus Gunakannnya

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dinilai tak mampu mengelola dana yang ada. Pasalnya dari tahun ke tahun Pemprov Riau selalu mengalami Sisa Lebih Perhitungan Anggaran atau Silpa.

Hal ini juga sebagaimana disebutkan Presiden RI Joko Widodo tentang adanya dana pemerintah daerah yang "parkir" di bank mencapai Rp220 triliun.

"Tentu kita minta Pemda untuk segera menyikapi ini. Kenapa mengendap? Karena program dan banyak problemnya, seperti perencanaan dengan pelaksanaannya tidak nyambung. Ada kegiatan itu tiba-tiba tidak ada DED. Atau ada juga kegiatan yang sudah direncanakan tapi tak terlaksana," kata Bagus Santoso anggota DPRD Riau ini Selasa (15/8/2017).

Ia mengingatkan mengendap dana di bank itu bukanlah suatu prestasi. Dana mengendap, sebutnya, menandakan Pemda tidak mampu mengelola dan memanfaatkan uang.

Tentu Pihak eksekutif dan legislatif, dimintanya harus seirama mengoptimalkan penggunaan APBD.

"Kalau itu optimal, biaya langsung  akan tumpah ke masyarakat seperti infrastruktur, pengadaan barang/jasa, dan pengentasan kemiskinan akan mengena," lanjutnya.

Sementara, Sekretaris Komisi II DPRD Riau, Mansyur HS mengatakan ia telah mengetahui tentang kabar dana yang mengendap di Bank seperti yang disampaikan Presiden. Namun lebih rincinya ia belum mendapatkan laporan untuk di Provinsi Riau.

"Informasi ini sejak setahun yang lalu. Juga di Banggar (Badan Anggaran DPRD Riau) yang lama, informasi ini sudah kami terima, dan itu sudah kita usulkan dulu di Biro Keuangan untuk dilaporkan," jelasnya. (ANTARA).

Editor Arif Wahyudi


Loading...
BERITA LAINNYA