Sepakat Larang Pengemudi Online

DPRD & Pemko Pekanbaru Kangkangi Putusan MA Soal Angkutan Aplikasi Online

Senin, 21 Agustus 2017 - 15:49:29 wib | Dibaca: 4390 kali 
DPRD & Pemko Pekanbaru Kangkangi Putusan MA Soal Angkutan Aplikasi Online
RDP DPRD Pekanbaru, Dishub Pekanbaru dengan Pengemudi Taxi Senin (21/8/2017)

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Kota dan DPRD Pekanbaru tetap ngotot akan melarang aplikasi angkutan berbasis online beroperasi di Kota Bertuah ini.

Hal ini terungkap saat Rapat Dengan Pendapat (RDP) antara pengemudi konvensional yang berasal dari 4 kelompok taxi, Puskopau, Blue Bird, Kopsi dan Riau Taxi, Senin (21/08/17) siang, dengan DPRD Pekanbaru.

Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dipimpin oleh Ketua Komisi IV DPRD Roni Amriel dan dihadiri oleh Perwakilan Kementerian Perhubungan, Dishub Pekanbaru, Perwakilan Polresta Pekanbaru, Organda Pekanbaru dan 4 Perwakilan kelompok taxi konvensional, pengemudi berbasis aplikasi online bakal di tertibkan di Pekanbaru.

"Kita akan membentuk tim yang dikoordinasikan oleh Satpol PP, Polresta Pekanbaru dan Komisi IV untuk melakukan penertiban kegiatan pengemudi online," Kata Roni, dalam RDP di gedung DPRD Pekanbaru.

Kesepakatan itu, muncul setelah Organisasi Angkutan Darat (Organda) Pekanbaru yang diketui oleh Agus Sikumbang, menyampaikan keluhannya si DPRD Pekanbaru pasca insiden berdarah yang terjadi di sekitaran bundaran Mall SKA, Minggu (20/08/17) malam.

Di hadapan anggota dewan, dia mengaku bahwa 9 taxi konvensional Pekanbaru mengalami rusak parah karena dilempari oleh oknum angkutan online.

Baca Juga Pemko Pekanbaru Harus Bertanggungjawab Bentrok Taksi Konvesional Vs Layanan Online

"Kami minta hasil rapat ini, dikawal di DPRD Pekanbaru," ujar Agus di dalam rapat tersebut.

Senada dengan Kepala Dishub Pekanbaru, Aripin. Dia mengungkapkan bahwa pihaknya tetap komitmen dalam menindaklanjuti keputusan Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT, untuk tidak memberikan kuota bagi pengemudi online. Menurutnya, hingga kini Dishub Pekanbaru tetap konsiten memberlakukan aturan tersebut.

"Hasil permintaan taxi konvensional dan organda sampai sekarang belum ada rekomendasi dari kita tentang kuota pengemudi online. Kuota kita berikan nol. Ini menindaklanjuti himbauan Walikota Pekanbaru yang dikeluarkan pada bulan Mei mendatang," ujarnya.

Perlu diketahui bahwa sebelumnya Aplikasi online sempat mengajukan gugatan di Mahkamah Agung (MA). Dimana saat itu dimenangkan oleh perusahaan angkutan berbasis online ini

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Tipe A Pekan Baru, Direktorat Jenderal (Ditjen) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Provinsi Riau, Renhard Ronald S, mengungkapkan, permasalahan angkutan online ini sebelumnya sudah sempat memanas di tingkat nasional.

Dijelaskannya, seluruh angkutan online di Jakarta melayangkan gugatan di tingkat Mahkamah Agung (MA) dan menyampaikan keberatan hak uji materil atas keluarnya Peraturan Menteri Perhubungan nomor PM.26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum tidak dalam trayek.

"Ada putusan gugatan menang di tingkat Mahkamah Agung. Permenhub 26 tahun 2017 harus dicabut. Beberapa pasal dibatalkan. Dan kita dari Kemenhub menyusul kembali langkah strategisnya untuk menyelesaikan," Kata Renhard.

Dia menyebutkan, dalam putusan gugatan yang dimenangkan oleh pengemudi online di tingkat MA itu, pihaknya mengaku kesulitan dalam melindungi seluruh taxi konvensional karena disisi lain, pihaknya dituntut untuk menerapkan sistem teknologi canggih sesuai perkembangan zaman saat ini.

"Permenhub Nomor 26 Tahun 2017 dikalahkan dengan putusan Mahkamah Agung. Makanya sampai sekarang belum bisa menyatakan langkah apa yang akan diambil," pungkasnya.

Dalam putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 37 P/HUM/2017 menyatakan, bahwa pengemudi online menang di tingkat MA. Dimana dalam ajuannya, Angkutan sewa khusus berbasis aplikasi online merupakan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dalam moda transportasi yang menawarkan pelayanan yang lebih baik, jaminan keamanan dan perjalanan dengan harga yang relatif murah dan tepat waktu.

Editor Arif Wahyudi


Loading...
BERITA LAINNYA