Pergerakan Ratusan Ribu Pengunjung Memadati Festival Pacu Jalur Kuantan Singingi

Kamis, 24 Agustus 2017 - 16:14:18 wib | Dibaca: 3970 kali 
Pergerakan Ratusan Ribu Pengunjung Memadati Festival Pacu Jalur Kuantan Singingi

GAGASANRIAU.COM, TALUK KUANTAN - Pergerakan ratusan ribu pengunjung wisatawan nusantara (wisman) memadati Iven Festival Pacu Jalur 2017 di Taluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau, Rabu (23/8/2017).

"Beberapa hari sebelum festival Pacu jalur dimulai hingga dibuka oleh Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman hari ini, pergerakan wisatawan sekitar 200 ribu orang," kata kepala Dinas Pariwisata provinsi Riau Fahmizal Usman

.

Pada iven ini berbagai kegiatan yang menarik para pengunjung adalah,  Pacu Jalur yang diikuti ratusan jalur, selain itu ada juga pagelaran apresiasi seni yang terdiri dari pertunjukan Randai yang ditampilkan oleh kelompok Randai Sari enam asal Kuansing, panggung hiburan rakyat. Selanjutnya pada pembukaan ada juga pagelaran tari kolosal.

Masih kata Fahmizal, Pacu Jalur merupakan warisan budaya tak benda asal Provinsi Riau, pembukaan Festival Pacu Jalur di tepian Narosa setiap tahunnya berlangsung cukup meriah.

"Iven ini merupakan pesta rakyat yang terbilang hasil karya masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi provinsi Riau sejak ratusan tahun yang lalu," katanya.

Bentuk promosi yang telah dilakukan oleh Dispar Riau guna mengenalkan kepada dunia diantaranya, membuat Iven "Riau Menyapa Dunia" di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona kantor Kementerian Pariwisata RI Jakarta, yang dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan para Duta Besar dari negara Asia bahkan Eropa.

Selanjutnya membuat video promosi Pacu Jalur yang penyebarannya dilakukan melalui media online dan media sosial serta dikamas dalam bentuk DVD guna dibagikan pada setiap acara pameran baik di dalam negeri dan luar negeri.



Melalui iklan pada media luar ruang (Baleho), Dinas Pariwisata provinsi Riau Riau memasang pada empat titik lokasi di Pekanbaru dan empat titik di Kuantan Singingi dengan ukuran 4 x 8 meter. (Rilis Dispar Riau).


Loading...
BERITA LAINNYA