Megawati Raih Gelar Doktor HC dari IPDN, Hasto: Itu Pengakuan Atas Jasa Ibu Mega

Rabu, 07 Maret 2018 - 13:52:36 wib | Dibaca: 1904 kali 
Megawati Raih Gelar Doktor HC dari IPDN, Hasto: Itu Pengakuan Atas Jasa Ibu Mega
Hasto Kristiyanto. (f: int)

GAGASANRIAU.COM, JAKARTA-Sekjen (Sekretaris Jenderal) DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh civitas akademika IPDN atas pemberian gelar Doktor HC (Honoris Causa) kepada Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri.
 
Hasto memaparkan, gelar Doktor Honoris Causa dari IPDN ini adalah gelar kehormatan ketujuh yang diterima putri sang proklamator Bung Karno tersebut. Empat diberikan oleh universitas luar negeri, yakni Jepang, Rusia dan Korsel (2 universitas), serta tiga dari perguruan tinggi dalam negeri. 
 
''Gelar kehormatan dalam bidang politik pemerintahan tersebut sebagai pengakuan atas jasa Ibu Megawati Soekarnoputri yang mampu menjalankan politik pemerintahan yang demokratis, stabil dan efektif di dalam menjalankan agenda reformasi, termasuk mengatasi berbagai krisis multidimensional saat itu,'' kata Hasto, sebagaimana siaran pers yang diterima GagasanRiau.com.
 
"Saat menjabat sebagai presiden, Ibu Megawati juga adalah inisiator yang mendirikan lembaga KPK. Di masa Ibu Megawati jugalah demokrasi yang sebenar-benarnya terjadi dengan penyelenggaraan Pemilu Presiden one man one vote," imbuh Hasto.
 
Prof Ermaya menjelaskan, IPDN didirikan oleh Presiden Soekarno di Malang pada 1956. Kala itu lembaga pendidikan tinggi ini bernama Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN). 
 
Sebelumnya, Megawati sudah menerima 6 Gelar Doktor Honoris Causa, yakni dari: Universitas Waseda, Tokyo, Jepang (2001); Moscow State Institute of International Relation, Rusia (2003); Korea Maritime and Ocean University, Busan, Korsel (2015);  Universitas Padjadjaran (2016); Universitas Negeri Padang (2017); dan Mokpo National University, Mokpo, Korsel (2017).
 
Sebagaimana diberitakan, setelah sempat tertunda selama lebih dari 1,5 tahun, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) memberikan Gelar Doktor Honoris Causa kepada Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri. Gelar kehormatan ini akan diberikan bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional Kamis (8/3/2018) besok di Kampus IPDN, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.***
 
Editor : Evi Endri
 

Loading...
BERITA LAINNYA