Irjen Pol Nandang Kapolda Riau Ikut Arak Tongkang Perayaan Bakar Tongkang di Rohil

Sabtu, 30 Juni 2018 - 19:28:12 wib | Dibaca: 3019 kali 
Irjen Pol Nandang Kapolda Riau Ikut Arak Tongkang Perayaan Bakar Tongkang di Rohil

GAGASANRIAU.COM, ROHIL - Sebagai agenda tahunan yang menjadi aset wisata dan juga ritual masyarakat Tionghoa di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), bukan hal yang aneh lagi bagi masyarakat ataupun pejabat untuk menyaksikan agenda Bakar Tongkang ini.
 
Kali ini, Kapolda Riau Irjen Pol. Drs. Nandang MH, turut meriahkan kegiatan event Wisata Nasional Bakar Tongkang 2018 tersebut Kota Bagan Siapiapi Kabupaten Rokan Hilir pada Sabtu 30 Juni 2018.
 
Acara yang dimulai pukul 14.00 Wib bertempat di Kelenteng IP Plaza Kota Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau.
 
Tidak hanya Nandang, dalam even tersebut turut dihadiri oleh Danrem 031/Wira Bima, Kepala BIN Daerah (Kabinda) Riau, Danlanal Dumai, pejabat utama Polda Riau, Bupati Rohil, Kapolres Rohil, Dandim Rohil, serta tokoh masyarakat Tionghoa.
 
Kegiatan diawali dengan ritual keagamaan di kelenteng-kelenteng yang berada diwilayah Bagan Siapiapi. Setelah malam sebelumnya digelar hiburan bagi warga dengan menghadirkan artis dari Taiwan dan Malaysia.
 
Setelah seluruh tokoh kelenteng menyatakan bahwa Dewa telah memberi restu untuk acara adat, maka tongkang yang akan menjadi persembahan Dewa diarak menuju tempat pembakaran tongkang sejauh 1.5 km dari tempat awal ritual.
 
Kapolda Riau bersama Forkompinda dan tokoh masyarakat turut mengarak tongkang.
 
Kegiatan Ritual Bakar Tongkang sendiri merupakan acara budaya yang dilakukan masyarakat keturunan Tionghoa untuk memperingati kehadiran nenek moyang masyarakat keturunan Bagansiapiapi pada tahun 1820. 
 
Setelah tiba ditempat pembakaran, ritual dilanjutkan dengan pembakaran tongkang sebagai oertanda persembahan kepada Dewa Kie Hu Ong Ya atau Dewa Laut. 
 
Personel Polres Rohil dibawah kendali Kapolres Rohil melaksanakan pengamanan Festival dibantu dengan kekuatan personil Brimob dan kesatuan TNI. Kegiatan selesai pada pukul 17.30 Wib.
 
Loading...
BERITA LAINNYA