Antisipasi Paham Radikal:

Polres Pelalawan Bentuk TIm Satgasda Riau Gemilang

Ahad, 31 Maret 2019 - 10:22:57 wib | Dibaca: 1600 kali 
Polres Pelalawan Bentuk TIm Satgasda Riau Gemilang
Tim Satganda Polres Pelalawan berfoto bersama

GAGASANRIAU.COM, PELALAWAN - Untuk mengantisipasi beredar dan berkembangnya paham radikal dan atau paham khilafah di Bumi Lancang Kuning, khususnya di Pelalawan, pihak Polres setepat membentuk Tim Satuan Tugas Daerah (Satgasda)  Nusantara Program Riau Gemilang.
 
Tim ini nantinya akan bersafari dari masjid ke masjid untuk menjelaskan tentang bahaya paham radikalisme di tengah tengah masyarakat.
 
Kepala Polres (Kapolres) Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan, SIK menjelaskan Program Riau Gemilang yang merupakan pogram dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang diimplementasikan kepada Polda Riau dan jajarannya. Tim Satgasda  Nusantara Program Riau Gemilang ini dibentuk  bertujuan untuk mengantisipasi peredaran paham radihal atau paham khilafah. Paham ini, menurut Polri, bertentangan dengan Bangsa Indonesia. 
 
"Selain itu juga agar tempat ibadah tidak di salahgunakan untuk kepentingan di luar penyebaran agama terlebih lagi saat ini sudah memasuki tahun politik,'' ucap Kapores saat melepas keberangkatan  tim tersebut dari Masjid Baitussalamah Polres Pelalawan, Jumat (29/03/2019).
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Pelalawan H.Zardewan, Ketua DPRD yang diwakili oleh Sekretaris Komisi I DPRD H. Abdullah, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten  H.Iswadi M Yazid, Pabung Dandim 0313/KPR Mayor Inf Salmon Tarigan, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) H.Fadil, sejumlah ketua paguyuban, tokoh Agama se Kabupaten Pelalawan.
 
Menurut Kaswandi, Program Riau Gemilang merupakan bagian program revolusi mental bagi personil kepolisian untuk menjadi tauladan bagi masyarakat dengan memakmurkan masjid dan kegiatan di tempat ibadah lainnya.
 
"Semua ini bertujuan untuk megubah mindset atau cara pandang kita. Juga ini sebagai ajang silahturahmi agar bisa memakmurkan mesjid,'' kata Kapolres lagi.
 
Kaswandi menyebutkan kegiatan ini  menjadi kegiatan interaktif  masyarakat bersama personil Polres Pelalawan.
 
Dalam kegiatannya nanti, Tim Satgasda  akan didampingi oleh Instruktur Pendamping, di antaranya  Amir Jemaah Tabligh. 
 
Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama 3 (tiga) hari, dimulai pada   Jumat ini dan berakhir pada Ahad (31/03/2019) dan akan berlanjut kembali untuk ditentukan kembali titik lokasi yang akan dikunjungi. Kegiatan ini diawali dari Masjid  Almutaqin Pangkalan Kerinci lalu berlanjut ke Masjid Alfalah Sorek Pangkalan Kuras. 
 
Sementara untuk personil Polres yang beragama selain Islam atau non muslim, bakal dilakukan di tempat peribadatannya masing-masing.
 
"Program ini serentak dilaksanakan di jajaran Polres Polda Riau,'' pungkas Kaswandi.
 
Wakil Bupati (Wabup) Pelalawan H.Zardewan mendukung di dalam pelaksanaan Program Riau Gemilang ini. Apalagi kegiatan ini bertujuan untuk kemaslahatan umat. Menciptakan rasa aman,kondisi yang kondusif menjelang dan usai pelaksanaan Pemilu.
 
Mantan Sekretaris Daerah ini juga berharap suasana keamanan dan ketertiban masyarakat (Kmtibmas) di Pelalawan dalam kondisi aman dan kondusif.* (Rom/rls)
 
Editor  : Arif Wahyudi.
 

Loading...
BERITA LAINNYA