BPJS Tembilahan Sosialisasi Program JKN-KIS Tentang Revolusi Industri 4.0

Rabu, 18 September 2019 - 14:58:28 wib | Dibaca: 1341 kali 
BPJS Tembilahan Sosialisasi Program JKN-KIS Tentang Revolusi Industri 4.0
Sosialisasi Program JKN KIS di Dispenda Tembilahan

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan gelar sosliasi program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) saat acara pengukuhan Forum Komunikasi Wartawan Indonesia (FKWI) di aula Dispenda Tembilahan, Selasa (17/09/2019).
 
Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Cabang Tembilahan, Faisal Hutama Putra dalam sosialisasinya mengatakan di era revolusi Industri 4.0, di tahun kelima sejak didirikannya BPJS Kesehatan semakin memantapkan diri sebagai pengelola Program JKN-KIS. Bahkan mulai terasa mengubah tatanan sistem pelayanan kesehatan. Ini merupakan wujud dalam implementasi JKN-KIS ekosistem teknologi informasi secara alamiah terbentuk di tengah tantangan revolusi industri 4.0.
 
"Kita tidak bisa melawan arus perkembangan teknologi informasi, menghindar atau bahkan menolaknya. Berbagai layanan digital yang tumbuh di era JKN-KIS akan mendobrak dan mengubah cara berpikir masyarakat, lebih jauh akan membawa revolusi besar dalam tatanan sistem pelayanan kesehatan," sebut Faisal 
 
Maka dari itu BPJS Kesehatan terus semangat untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh segmen masyarakat di Indonesia dengan tujuan meningkatkan jumlah peserta dan juga meningkatkan kesadaran dalam pemahaman masyarakat tentang pentingnya program JKN-KIS.
 
Dalam sosialisasi itu, BPJS memaparkan pemanfaatan teknologi informasi juga akan menjadi kesempatan bagi Program JKN-KIS untuk mendorong sistem pembiayaan dan pelayanan kesehatan yang berkualitas namun tetap efektif dan efisien dari sisi pembiayaan. Mengajak masyarakat agar lebih peduli akan keberlangsungan program JKN-KIS. Selain itu agar masyarakat juga memahami terkait penjaminan kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.
 
“Dengan ditingkatkannya pemberitahuan dan edukasi serta forum tanya jawab kepada para FKWI maka informasi yang penting pun bisa tersampaikan melalui sosialisasi ini,” ujar Faisal Hutama Putra selaku Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan.
 
Peserta sosialisasi juga dijelaskan mengenai berapa jumlah rumah sakit, puskesmas, klinik, praktek dokter perorangan, pelayanan digital berupa PCare, Apotek Online, HFIS, VClaim, serta aplikasi Mobile JKN yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.
 
“Kami juga menginformasikan mengenai aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini harus dimiliki oleh seluruh peserta JKN-KIS karena manfaat dan kemudahan yang diberikan aplikasi ini sangat banyak. Dengan Mobile JKN, banyak sekali kemudahan yang diperoleh, diantaranya peserta dapat mengecek status kepesertaan, mengganti Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), melakukan skrining online bahkan menampilkan kartu KIS berbentuk softcopy yang nantinya bisa langsung digunakan di fasilitas kesehatan tanpa perlu membawa kartu KIS fisik. Yang diperlukan hanya smartphone, koneksi internet dan mengunduh aplikasi Mobile JKN, maka semua kemudahan itu dapat langsung dirasakan oleh peserta. Karena itu, kami mengajak seluruh peserta JKN-KIS untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN”, tambah Faisal.
 
Harapan kedepannya agar koordinasi dan sinergi yang solid antara BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan dengan Forum Komunikasi Wartawan Inhil dalam hal penyebaraluasan informasi Program JKN-KIS yang berimbang dan akurat.
 
Loading...
BERITA LAINNYA