Kukerta Mahasiswa Kedokteran UNRI Bentuk Tim RadarCOVID-19, Ini Bentuk Kegiatannya

Sabtu, 16 Mei 2020 - 19:47:59 wib | Dibaca: 1708 kali 
Kukerta Mahasiswa Kedokteran UNRI Bentuk Tim RadarCOVID-19, Ini Bentuk Kegiatannya
Posko relawan Tim RadarCOVID-19

Kukerta tahun ini berbeda dengan kukerta tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan karena adanya pandemi Covid-19 yang meluas dan semakin menyebar sehingga membuat hampir semua aktivitas dan kegiatan menjadi terhambat.
 
Oleh karena itu, Fakultas Kedokteran Universitas Riau bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau bekerja sama dalam membuat program Kukerta Relawan Wabah Covid-19. 
 
Kukerta ini bergerak dalam memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat tentang covid-19 mulai dari gejala dari covid-19 sampai pencegahan dan tindakan preventif yang bisa dilakukan untuk memutus rantai penularan covid-19 ini. 
 
Selain itu, Kukerta relawan wabah covid-19 ini juga membantu pemerintah dalam meluruskan isu-isu yang marak beredar di masyarakat saat ini.
 
Kukerta relawan wabah covid-19 ini terbentuk dari kelompok atau tim yang terdiri dari 1-3 orang anggota dengan pesertanya merupakan mahasiswa/i fakultas kedokteran universitas Riau. 
 
Setiap tim atau kelompok akan dibimbing oleh satu dosen intstruktur dari Fakultas Kedokteran Universitas Riau dan satu Dosen Pembimbing Lapangan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).
 
Salah satu tim nya yaitu bernama RadarCOVID-19 yang beranggotakan oleh 3 orang mahasiswa/I fakultas kedokteran universitas riau yang diketuai oleh M Wiranata Diradja dan 2 anggota kelompok nya yaitu Ghiffany Dillah dan Novita Tri Yola dengan dosen instruktur yaitu drg Rita Endriani M Kes dan DpL nya yaitu Dr rer nat Radith Mahatma M Si.
 
Kegiatan yang dilaksanakan yaitu membuat poster edukasi, membuat video edukasi, serta mengenalkan informasi mengenai OTG, ODP, PDP pada kasus Covid-19 yang berlangsung saat ini. 
 
Selain itu, grup ini juga mengajak siswa sekolah menengah atas se-Riau untuk bergabung dan berperan aktif dalam forum diskusi melalui whatsapp grup membahas penyebaran kasus Covid-19 dan mengenali gejala dan tanda yang sering dijumpai pada setiap korban yang terjangkit.
 
Tentu saja semua kegiatan yang dilaksanakan ini dilakukan secara online dengan memanfaatkan media sosial, youtube, wahtsapp serta blog untuk membagikan dan mempublikasikan setiap materi edukasi sehingga dapat dilihat oleh siapa saja secara online. Hal ini juga mendukung dari peraturan pemerintah yang meggalakkan physical distancing dan work from home.
 
Selain itu Tim RadarCOVID-19 juga aktif dalam menjaga posko relawan Covid-19. Posko tersebut berada di kampus fakultas kedokteran universitas riau dan bertugas dalam pengecekan atau pendataan barang yang tersedia diposko, penggalangan dan penerimaan donasi serta membagikan donasi tersebut. 
 
Donasi yang didapat berasal dari semua kalangan yang ingin mendonasikan barang-barang nya seperti Alat pelindung diri (APD) untuk para tim medis yang nantinya akan  didistribusikan kepada tenaga medis diseluruh rumah sakit dan pusat pelayanan kesehatan yang membutuhkan di provinsi riau.
 
"Hasil yang diharapkan dari kegiatan yang dilaksanakan, kami dari tim RadarCovid-19 berharap dengan pemberian edukasi ini akan membantu pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mencegah penularan covid-19 sehingga dapat memutus rantai penyebaran covid-19 dan membantu pemerintah dalam menekan kasus covid-19 di Indonesia," terang M Wiranata Diradja.

Loading...
BERITA LAINNYA