Tim Kukerta Relawan Covid-19 Universitas Riau Bagikan Modul Pembelajaran untuk Maksimalkan Pendidikan

Rabu, 24 Juni 2020 - 21:21:40 wib | Dibaca: 1575 kali 
Tim Kukerta Relawan Covid-19 Universitas Riau Bagikan Modul Pembelajaran untuk Maksimalkan Pendidikan
Tim Relawan Covid-19 Unri Bagikan Modul Pembelajaran ke Panti Asuhan

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Pemerintah telah menggulirkan era new normal bagi sebagian besar wilayah di Indonesia. Setelah berbulan-bulan terjerat dalam kecaman pandemi Covid-19, segala aktivitas yang dibatasi kembali dijalankan seperti biasa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Tak terkecuali pada sektor pendidikan, beberapa daerah yang telah memasuki wilayah zona hijau telah diizinkan kembali untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah. 
 
Sebagian besar daerah lainnya masih masuk dalam kategori tidak aman untuk kegiatan pembelajaran seperti biasa. Berbagai pertimbangan inilah yang menjadi alasan mengapa pendidikan menjadi sektor yang terakhir dibuka pada era new normal ini.
 
Banyak tantangan dan hambatan yang dilalui siswa dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh. Tidak semua siswa memiliki gadget untuk mengakses internet, bahkan untuk mencari jaringan pun harus menempuh tempat yang lebih layak untuk mendapatkan sinyal, sarana dan prasarana yang tidak memadai ini membuat proses pembelajaran antara siswa dan guru menjadi tidak efektif.
 
Dalam hal ini, sebagai bentuk pengabdian masyarakat serta upaya membantu sistem pendidikan dalam menghadapi hambatan pada masa pandemi Covid-19, Tim Kukerta Relawan Covid-19 dibawah bimbingan Adhitya Agri Putra, SE, M.Acc., Ak., CA dan bekerja sama dengan Gerakan Peduli Riau berinisiatif membuat modul pembelajaran tingkat SMP kelas IX khususnya pada mata pelajaran IPA.
 
Setelah melewati serangkaian proses pembuatan hingga mendesain, modul dicetak sebanyak 12 rangkap dan dibagikan kepada adik-adik yang berada di Panti Asuhan Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, diantaranya panti asuhan Pajar Imam Az-zahra, Panti Asuhan Ar-Rahim, Panti Asuhan Ash-Shohwah dan Panti Asuhan Al-Akbar.
 
Ria Mariati selaku Ketua Tim Kukerta Relawan Wabah Covid-19 menuturkan bahwa dengan pembagian modul ini diharapkan mampu membantu adik-adik panti asuhan dalam melangsungkan kegiatan pembelajaran tahun ajaran baru secara online.
 
“Kami membuat modul ini khususnya untuk adik-adik kelas IX yang akan melaksanakan Ujian Nasional jika nantinya pandemi Covid-19 sudah berakhir, maka dari itu modul ini dapat dijadikan tambahan referensi yang dapat adik-adik baca,” tambahnya. 
 
Pihak panti asuhan serta adik-adik panti asuhan sangat antusias dalam menerima modul ini. “Modul ini juga kami sediakan secara online atau yang disebut dengan e-modul. Adik-adik yang tidak ada hambatan dalam mengakses internet juga bisa mendownload e-modul ini,” ujar Ria. 
 
Dalam kegiatan ini, Tim Kukerta Relawan Covid-19 berharap dapat meningkatkan semangat belajar siswa yang terkena dampak Covid-19 khususnya dalam bidang pendidikan.

Loading...
BERITA LAINNYA