Kelurahan Pelatihan Adakan Sejumlah Pelatihan untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat di Masa Covid-19

Kamis, 30 Juli 2020 - 10:10:42 wib | Dibaca: 1812 kali 
Kelurahan Pelatihan Adakan Sejumlah Pelatihan untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat di Masa Covid-19
Pemberian sertifikat secara simbolis kepada peserta oleh Lurah Cintaraja, Rizki A SSos MIP

PEKANBARU, GAGASANRIAU.COM - Selama masa pandemi Covid-19 yang melanda Kota Pekanbaru, banyak kegiatan perekonomian yang lumpuh. Hal ini berdampak pada pengurangan pendapatan hingga tenaga kerja yang dirumahkan.

Melihat kondisi ini, Kelurahan Cintaraja di Kecamatan Sail, berinisiatif melakukan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan perekonomian. Kelurahan melatih 60 orang warganya untuk mengikuti sejumlah pelatihan yang dilaksanakan sejak Senin (27/7/2020) hingga Kamis (30/7/2020).

"Kegiatan ini bertujuan agar warga bisa menambah income di masa Covid. Kita sebelumnya sudah berdiskusi dengan LPM dan Forum RW dan bersepakat untuk memberikan pelatihan ini," ujar Lurah Cintaraja, Rizki A SSos MIP.

Pelatihannya sendiri dibagi menjadi tiga kelompok pelatihan dengan masing-masing peserta sebanyak 20 orang. Pelatihan terdiri dari pelatihan advertising, pelatihan merajut dan pelatihan tataboga. Pelatihan ini juga dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan di mana peserta harus memakai masker dan mencuci tangan di tempat yang disediakan. "Kita mengundang instruktur untuk bisa melatih warga dan nantinya akan kita berikan pelatihan lanjutan. Jadi tidak berhenti di sini saja," papar Rizki.

"Kita berharap dengan pelatihan ini, warga Cintaraja bisa tetap kreatif dan mendapatkan skill dan penghasilan tambahan," tutup Rizki.

Salah satu peserta pelatihan, H Jalanas SAg, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat dirasakan manfaatnya bagi dirinya. Di pelatihan advsetising, ia belajar cara membuat stempel hingga membuat badge nama dari para instruktur.

"Alhamdulillah skill yang diajarkan ini saya rasakan manfaatnya," ujar Jalanas. Ia berharap pihak kelurahan bisa terus melakukan pemberdayaan serupa sehingga warganya bisa memiliki penghasilan tambahan lewat skill-skill baru.


Loading...
BERITA LAINNYA