Besok Jokowi Datang ke Pekanbaru, Beri Dukungan Untuk Masyarakat

Selasa, 18 Mei 2021 - 19:27:42 wib | Dibaca: 847 kali 
Besok Jokowi Datang ke Pekanbaru, Beri Dukungan Untuk Masyarakat
Ir. Joko Widodo Presiden Republik Indonesia

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akan berkunjung ke Kota Pekanbaru pada Rabu (19/5/2021) besok, Presiden Republik Indonesia. Kunjungan orang nomor satu di Indonesia ini ke Ibu Kota Provinsi Riau untuk meninjau agenda vaksinasi Covid-19 massal yang mana angka kasus Covid-19 hingga saat ini.

Dikatakan Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani tingginya peningkatan angka Covid-19 di Pekanbaru mendapat perhatian khusus dari presiden dan penyebaran nya juga harus dihentikan. 

"Salah satunya kemarin keluar kebijakan walikota terkait pelarangan mudik dan penutupan sementara tempat hiburan," kata Hamdani, Selasa (18/5/2021).

Politisi PKS ini juga mengatakan arahan lain yang diberikan Jokowi Dalam rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) adalah penekanan laju penyebaran Covid-19 dan juga di satu sisi ekonomi juga harus meningkat.

Hamdani menjelaskan disaat kondisi seperti ini cukup dilematis bagi para kepala daerah selaku pemangku kebijakan, karena saat ini kepala daerah harus menjaga kesehatan masyarakat dan juga harus meningkatkan ekonomi.

"Target peningkatan ekonomi yang disampaikan presiden tidak tanggung-tanggung, di angka 7 persen pertumbuhan ekonomi. Diakui ini cukup berat, karena dalam situasi normal kita lihat di angka 5 persen tidak sampai pertumbuhannya," jelas Hamdani.

Disamping itu Walikota Pekanbaru, Firdaus mengatakan Kota Pekanbaru saat ini berada dalam zona merah sebab kasus Covid-19 virus yang berasal dari Cina itu.

"Sebenarnya, itulah (kasus Covid-19 tinggi) penyebabnya presiden datang ke Riau ini pada 19 Mei nanti," kata Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT, Senin (17/5/2021).

Ia juga mengatakan, kedatangan Jokowi ini untuk memberikan dukungan semangat kepada Provinsi Riau, khususnya kota Pekanbaru, dalam menurunkan dan mengendalikan penyebaran virus corona.

Saat ini Firdaus mengungkapkan, rata-rata sebanyak 250 hingga 300 pasien Corona setiap harinya dan 50 persen dari nya terdapat di Pekanbaru. 

"Artinya, 11 kabupaten dan kota di Riau menyumbang 50 persen. Sedangkan 50 persen lagi disumbang Kota Pekanbaru," ungkapnya.

Setiap harinya 500 sampai 600 orang terpapar Covid-19 oleh karena itu, pelayanan bagi pasien yang terpapar virus corona itu ada yang dirawat di rumah sakit, diisolasi di fasilitas yang disediakan pemerintah, dan sebagian besar isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

"Pengawasan sudah kami lakukan dengan memberikan paket obat-obatan. Tidak semua pasien corona itu terpantau oleh tim tenaga kesehatan," jelasnya.

Reporter: Nurwalidaini


Loading...
BERITA LAINNYA