Satgas Covid-19 Curigai Varian Delta Menyebar di Riau

Selasa, 06 Juli 2021 - 13:36:33 wib | Dibaca: 952 kali 
Satgas Covid-19 Curigai Varian Delta Menyebar di Riau
Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 dr. Indra Yovi

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Meningkatnya penyebaran Covid-19 di Provinsi Riau membuat Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Riau curiga jika varian Delta menyebar. 

"Meskipun saat ini hasil pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) belum terbukti ada varian Delta di Riau. Tapi melihat peningkatan penyebaran kasus yang cukup signifikan, kemungkinan varian Delta sudah ada di Riau. Hanya saja belum bisa diperiksa satu per satu karena kita tidak ada alat WGS," kata Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, Senin (5/7/2021).

Hal ini dicurigai sebab kasus terkonfirmasi positif Covid-19 meningkat selama beberapa Minggu ini yang mana sumbernya dari masyarakat yang pulang berpergian ke pulau Jawa. Baik melalui jalur darat maupun jalur udara kondisi ini harus diantisipasi Satgas Riau untuk meningkat screening, khususnya di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

"Kita tahu sejak diberlakukan PPKM darurat di pulau Jawa dan Bali, setiap orang yang datang harus dilengkapi swab PCR yang dinyatakan negatif dan minimal sudah pernah dilakukan satu kali vaksin. Syarat itu yang harus dipenuhi sebelum seseorang bepergian menggunakan pesawat udara sebelum sampai ke Provinsi Riau," terangnya.

"Kemudian setelah mendarat, sesuai arahan Gubernur, walaupun mereka sudah dilengkapi swab PCR harus tetap dilakukan rapid antigen. Tujuannya untuk melindungi masyarakat Riau dari varian Delta yang saat ini cepat berkembang di pulau Jawa dan Bali. Kondisi ini juga harus menjadi perhatian kita untuk mewaspadai varian baru Delta," pungkasnya.

Reporter: Nurwalidaini


Loading...
BERITA LAINNYA