Tim KUKERTA UNRI Ciptakan Inovasi Smart Monitoring Kualitas Air Sungai Berbasis IoT

Senin, 06 September 2021 - 19:12:42 wib | Dibaca: 1359 kali 
Tim KUKERTA UNRI Ciptakan Inovasi Smart Monitoring Kualitas Air Sungai Berbasis IoT
Tim KUKERTA Integrasi Kelurahan Tirta Siak, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru.

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Tim Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Integrasi Universitas Riau (UNRI) luncurkan aplikasi Smart Monitoring berbasis IoT (Internet of Things) di Kelurahan Tirta Siak, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru. 

Para mahasiswa ini berinovasi dan mendedikasikan diri dalam menciptakan sebuah inovasi Smart Monitoring untuk mengukur kualitas air sungai yang jadi kebutuhan masyarakat Kelurahan Tirta Siak.

Wakil Ketua Tim KUKERTA Integrasi UNRI, Rizky Haryodani, mengatakan peluncuran Smart Monitoring tersebut untuk kebutuhan masyarakat setempat dalam mengetahui nilai pH dari air sungai.

"Aplikasi ini bisa mendeteksi air sungai yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh warga yang tinggal disekitaran sungai Siak, Kelurahan Tirta Siak," kata Rizky, Selasa (24/9).

Smart monitoring air sungai ini berbasis IoT yang terkoneksi langsung dengan smartphone dan dapat diakses di website yang sudah disediakan oleh Tim KUKERTA untuk mempermudah pembacaan data yang dihasilkan dari smart tersebut.

Sementara itu, Hazwan selaku Ketua Tim KUKERTA menjelaskan karya mereka ini masih dalam tahap pengembangan dengan harapan mendapat dukungan lebih lanjut dari pihak kelurahan dan warga setempat untuk memelihara Kesehatan air sungai agar terhindar dari wabah penyakit. 

"Berharap semakin banyak mahasiswa lain yang berinovasi mengembangkan ide-ide terbarukan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat," harapnya.

Terkahir, Sekretaris Lurah di Kelurahan Tirta Siak, Pekanbaru, Neneng Farida mengucap terimakasih kepada mahasiswa KUKERTA yang telah mengaplikasikan ilmunya dalam menciptakan smart monitoring mendeteksi kualitas air sungai.

“Sebelumnya kami dari pihak kelurahan dan warga mengucapkan terima kasih banyak atas pengabdian adik-adik Tim KUKERTA telah menciptakan sistem ini," ucapnya.

Keunggulan yang dimiliki smart monitoring kualitas air sungai yang adik-adik ciptakan ini kami dapat dengan mudah dalam mengoperasikannya, seperti memiliki kemampuan mendeteksi nilai pH dari air sungai dan nilai kekeruhan dari air sungai dengan cukup akurat," tutupnya.

Untuk diketahui, sistem tersebut dirancang oleh mahasiswa KUKERTA Integrasi UNRI tahun 2021, yakni Hazwan (Teknik Elektro), Rizky Haryodani (Teknik Elektro), Rahul Joshua Damanik (Teknik Elektro), Azizil Kurnia (Teknik Elektro), Meilita Kurniati (Teknik Elektro), Hilda Safitri (Pend.Bahasa & Sastra Indonesia), Lilis Nurhidayah (Pend.Bahasa & Sastra Indonesia), Noralisa Nilam Sari ( Manajemen Sumberdaya Perairan), Rissa Rahmawati Harahap (Ilmu Keperwatan), Nada Zafira Yosfand (Ilmu Keperawatan).


Loading...
BERITA LAINNYA