Puan: Sigap Selamatkan Rakyat Terdampak Banjir

Rabu, 10 November 2021 - 12:21:28 wib | Dibaca: 505 kali 
Puan: Sigap Selamatkan Rakyat Terdampak Banjir

JAKARTA - Sejumlah daerah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta, dilanda bencana banjir dalam beberapa waktu terakhir. Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah melakukan upaya terbaik bagi masyarakat yang terkena dampak banjir.

“Saya turut prihatin dengan terjadinya musibah banjir, longsor, dan banjir bandang di sejumlah daerah di tanah air. Pemerintah harus sigap menyelamatkan warga yang tempat tinggalnya mengalami banjir. Keselamatan rakyat harus menjadi prioritas!” kata Puan di Jakarta, Senin (8/11/2021).

Banjir diketahui melanda sejumlah titik di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Selain itu, banjir juga terjadi di Karawang, Sintang, Aceh Selatan, Mamuju Sulbar, dan lainnya. Puan meminta pemerintah menyiapkan segala fasilitas dan kebutuhan untuk warga yang rumahnya terendam banjir, termasuk logistik.

“Pastikan warga yang harus mengungsi ditempatkan di shelter-shelter yang aman dan nyaman. Pemerintah harus menjamin kebutuhan pokok mereka, termasuk air bersih dan keperluan anak-anak, balita, lansia, serta ibu hamil dan ibu menyusui,” tuturnya.

“Bagi warga yang tetap memilih bertahan di rumahnya yang terendam banjir, pemerintah juga tetap harus memastikan kebutuhan mereka terpenuhi. Pasokan listrik pun harus terjamin dengan mengedepankan prinsip keamanan,” lanjut Puan.

Cuaca ekstrem akibat fenomena alam juga menyebabkan banjir bandang dan longsor di sejumlah daerah. Di Kota Batu, Jawa Timur, banjir bandang menyebabkan 7 orang meninggal dunia dan puluhan rumah rusak berat.

“Dukacita mendalam kami haturkan bagi warga yang meninggal dunia akibat bencana banjir bandang. Semoga almarhum husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” sebut Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI tersebut meminta pemerintah, khususnya Pemda yang wilayahnya rawan bencana untuk melakukan langkah antisipasi terjadinya bencana. Hal ini, kata Puan, menyusul peringatan BMKG terhadap fenomena La Nina yang memicu peningkatan potensi kejadian bencana hidrometeorologi.

“Pemerintah kami harapkan terus melakukan mitigasi bencana untuk meminimalisir dampak bencana alam. Selain itu juga harus ada solusi jangka panjang bagi daerah yang sudah menjadi langganan banjir agar rakyat tidak terus menerus mengalami kesulitan,” ujar mantan Menko PMK tersebut.

Di sisi lain, Puan mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan di musim penghujan. Ia meminta agar warga selalu hati-hati saat beraktivitas di luar rumah.

“Kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap perubahan cuaca khususnya intensitas hujan yang cukup tinggi dan faktor alam agar tidak menimbulkan bertambahnya korban jiwa dan harta benda masyarakat,” tutup Puan.


Loading...
BERITA LAINNYA