Tim Gabungan Evakuasi Korban Tenggelam di Sungai Batang Lubuh

Ahad, 09 Januari 2022 - 14:36:32 wib | Dibaca: 884 kali 
Tim Gabungan Evakuasi Korban Tenggelam di Sungai Batang Lubuh

GAGASANRIAU.COM, ROKAN HULU- Tim gabungan terdiri dari Kepolisian Sektor (Polsek) Kepenuhan, Polres Rokan Hulu (Rohul), personil Koramil 14 Kepenuhan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas Pekanbaru dan kelompok masyarakat Nias di daerah setempat berhasil mengevakuasi korban tenggelam atau hanyut dalam keadaan meninggal dunia, di Sungai Batang Lubuh, Dusun Tanjung Padang, Kelurahan Kepenuhan Tengah, pada, Jumat (7/1/2022). Tim tersebut dikomandani, Kapolsek Kepenuhan AKP Dasril SH. 

Diungkapkan Paur Humas Polres Rohul, Aipda Mardiono, identitas korban yang meninggal dunia masing-masing Yaniba Zebua (27),  (Istri Hardi Jai), Yuliana Yunima Waruwu (30) (Sebelumnya dilaporkan bernama Epi Zebua), Yude Zebua (25) dan Sedito alias Charles Nduru (40). Sementara korban yang selamat masing-masing Hardi Jai (30), Yuris Zebua (20) dan Fitorma Jai 6 Tahun anak Hardi Jai.

Diterangkan Aipda Mardiono, tim melakukan pencarian dan evakuasi menggunakan satu perahu karet milik Basarnas Pekanbaru, alat selam 2 set, Politelin milik BPBD Rohul sebanyak 1 unit, sampan warga sebanyak 8 Unit, pendayung atau sebanyak 4 pasang.

Labih jauh diterangkan Aipda Mardino, peristiwa tersebut terjadi pada, Jumat, 7, Januari, 2022. Dimana para korban diajak Charles yang juga salah satu korban untuk membersihkan lahan salah satu kebun warga di seberang Sungai Batang Lubuh, Dusun Tanjung Padang, Kelurahan Kepenuhan Tengah. 

"Kemudian, sebanyak 7 orang sekaligus menaiki sampan yang berkukuran panjang  3 Meter. Saat sedang menyeberang sekitar 5 meter dari Tepian Sungai Batang Lubuh, Sampan penyeberangan yang dinaiki para saksi dan korban sebanyak 7 orang tersebut terbenam ke air dan terbalik dan menyebabkan semua penumpang terjatuh ke sungai " beber Mardiono.

Namun lanjut Mardiono, dikarenakan keadaan debit air sungai Batang Lubuh naik dan arus air deras, sehingga sebanyak 7 penumpang tenggelam.

Dan yang bisa menyelamatkan diri sebanyak 3 orang dan 4 orang lagi  tenggelam dan hanyut dibawa arus Sungai Batang Lubuh.  

"Atas kejadian tersebut,  tim melakukan pencarian pada, Sabtu (8/1/2022), sekitar pukul 13.15.Wib telah ditemukan 1 korban hanyut dengan identitas Sedito atau Charles Nduru (40). Sedito ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia tersangkut di Kayuan dalam air dari TKP lokasi tenggelam kurang lebih  500 meter " terang Mardiono.

Korban kata Mardiono sudah dibawa ke Puskesmas Kepenuhan untuk dilakukan pembersihan dan visum dan sudah diserahkan kepada pihak keluarga.

Masih hari yang sama, pada Sabtu, (8/1/2022), sekitar pukul 16.00 Wib, juga ditemukan lagi seorang korban, dengan identitas Yaniba Zebua (27), ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia.

Yaniba ditemukan dari TKP penemuan pertama sekitar 500 meter arah ke hilir di Dusun Tanjung Padang Kelurahan Kepenuhan Tengah Kepenuhan dan dari TKP sekitar 1 KM. Korban sudah dibawa ke Puskesmas Kepenuhan untuk dilakukan pemeriksaan atau visum dokter dan saat ini sudah diserahkan kepada pihak keluarga.

Selanjutnya, pada Sabtu (8/1/2022), sekitar pukul 23.00 Wib, di pinggir Sungai Batang Lubuh Pasir Pandak Desa Kepenuhan Timur  ditemukan kembali seorang korban hanyut di Sungai Batang Lubuh dengan identitas  Yude Zebua (25). 

Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dengan jarak 10 KM dari TKP Awal dan ditemukan mengembang di permukaan air serta tersangkut kayu. Korban sudah di visum oleh dokter Puskesmas Kepenuhan dan sudah diserahkan kepada pihak keluarga.

Kemudian pada Minggu (9/1/2022), sekitar pukul 09.10  Wib, ditemukan korban ke empat di pinggir Sungai Batang Lubuh Pasir Pandak Desa Kepenuhan Timur  Yuliana Yulima Waruwu (30), sebelumnya dilaporkan  korban selamat bernama Epi Zebua

Dia dtemukan dalam keadaan sudah meninggal dunia dengan jarak sekitar 9 Km dari TKP awal serta ditemukan mengembang di permukaan air  warga yang sedang mencari ikan. Korban sudah berada di Puskesmas untuk dilakukan Visum dan akan diserahkan kepada pihak keluarga korban.

Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK melalui Kapolsek Kepenuhan AKP Dasril SH menyampaikan bahwa penyebab kejadian tersebut korban lantaran perahu yang ditumpangi melebihi kapasitas hingga tenggelam saat menyeberang di Sungai Batang Lubuh Ke Kepenuhan Tengah.

"Tindakan yang dilakukan melakukan Visum luar terhadap 4 korban yang meninggal, membuat berita acara serah terima jenazah kepada keluarga korban," kata mantan Kasat Narkoba Polres Rohul tersebut.

Dikatakan AKP Dasril SH, pihaknya juga membuat surat pernyataan penolakan dilakukannya autopsi.

Kapolsek juga menghimbau Kepada masyarakat guna antisipasi dan pencegahan agar berhati-hati dalam beraktifitas di Pinggiran Sungai Batang Lubuh.

"Selalu menggunakan peralatan yang dapat menunjang keselamatan diri dan jangan memaksakan kapasitas Sampan  atau Boat," terangnya.

"Dengan jumlah yang tidak seharusnya mengingat kondisi terkini debit Air Sungai Batang lubuh masih tinggi dan Arus Sungai yang cukup deras," pungkasnya.


Loading...
BERITA LAINNYA