Wapres Tinjau Pembangunan 'Huntara Semeru'

Sabtu, 15 Januari 2022 - 14:52:14 wib | Dibaca: 722 kali 
Wapres Tinjau Pembangunan 'Huntara Semeru'

LUMAJANG - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau pembangunan hunian sementara (huntara) bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru yang berada di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur pada Jumat (14/1/2022).

Menurut rencana, pemerintah akan membangun 1.951 unit hunian sementara di atas lahan seluas 81 hektare bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru. Selain itu, di kawasan huntara akan dibangun sejumlah fasilitas publik seperti pasar, masjid dan sarana olahraga.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang mendampingi Wapres Maruf mengungkapkan, "Saat ini sudah ada satu unit rumah contoh huntara yang akan menjadi acuan untuk standar pembangunan selanjutnya. Insyaallah, satu setengah bulan ke depan huntara ini selesai dan Lebaran bisa segera ditempati," kata Khofifah di Jakarta.

Pembangunan Huntara terus dikebut, kemudian infratruktur air dan instalasi listrik tengah disiapkan bersamaan dengan pembangunan hunian tetap.

Jika total lahan yang disediakan untuk hunian seluas 81 hektare yang seluruhnya milik Perhutani dan dari jumlah luasan tersebut, rencananya akan didirikan 2.000 unit hunian sementara di tahap pertama.

"Huntara yang akan ditempati 1.951 KK dari Desa Sumbermujur itu berukuran 10x14 dengan luas bangunan 6x4,8 meter yang terdiri dari ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, serta fasilitas penunjang lainnya," katanya.


Loading...
BERITA LAINNYA