Acuan Penting Keperilakuan Pada Akuntansi Pertanggungjawaban

Selasa, 25 Januari 2022 - 15:11:56 wib | Dibaca: 1519 kali 
Acuan Penting Keperilakuan Pada Akuntansi Pertanggungjawaban
Ilustrasi/net

Disusun oleh :
Ayu Silvia Rachmawati dan Fingki Alicia Agata (Mahasiswa Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau)

Aspek keperilakuan menjadi sorotan penting dalam implementasi akuntansi pertanggungjawaban. Sistem akuntansi pertanggungjawaban yang sebaiknya dirancang sesuai dengan struktur organisasi yang ada, agar mampu menyajikan laporan prestasi manajer tingkat pertanggungjawaban untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan dalam sebuah organisasi. Masing-masing individu, kelompok, maupun divisi dapat dijelaskan dari laporan yang diungkapkan dalam akuntansi pertanggungjawaban. 

Akuntansi pertanggungjawaban dapat dikatakan komponen yang penting bagi sistem pengendalian organisasi atau perusahaan, karena akuntansi pertanggungjawaban mampu memberikan suatu kerangka yang berlaku untuk melakukan perencanaan, agregasi data, dan pelaporan hasil kinerja operasi di sepanjang jalur pertanggungjawaban dan pengendalian. 
Akuntansi pertanggungjawaban merupakan istilah yang digunakan dalam menjelaskan akuntansi perencanaan serta pengukuran dan evaluasi kinerja organisasi sepanjang garis pertanggungjawaban yang meliputi pendapatan, serta biaya yang diakumulasikan dan dilaporkan oleh pusat pertanggungjawaban. 
 
Dengan adanya Keperilakuan bisa menjadi acuan untuk akuntansi pertanggungjawaban dimana orang-orang dapat mempertanggung jawabkan apa yang akan mereka kerjakan.
Struktur akuntansi pertanggungjawaban faktanya memberikan kerangka kerja yang berarti untuk melakukan perencanaan, agregasi data, dan pelaporan hasil kinerja operasi selama jalur pertanggungjawaban dan pengendalian. 

Sasaran pada akuntansi pertanggungjawaban meliputi: kemudahan identifikasi, keuntungan motivasional, ketersediaan data, kesiapan informasi, perencanaan dan pengambilan keputusan, pendelegasian dan pengendalian, prinsip-prinsip dan akuntansi pertanggung jawaban, dan input dan output. 
Akuntansi pertanggungjawaban dapat meningkatkan kerja sama organisasi dengan menunjukkan kepada manajer bagaimana aktivitas yang sesuai dengan gambaran keseluruhan bahwa setiap orang bekerja untuk mencapai tujuan bersama. 

Dan akuntansi pertanggungjawaban juga dapat meningkatkan kesetiaan pada perusahaan, harga diri, dan rasa penting dengan mengizinkan orang-orang untuk memformulasi tujuannya sendiri dan membuat keputusan sendiri dalam kerangka kerja delegasi pertanggungjawaban. Sehingga akan meningkatkan semangat kerja sama karena mereka yakin bahwasannya apa yang mereka kerjakan dapat mencapai tujuan bersama. 
Permasalahan terkait keperilakuan dalam akuntansi pertanggungjawaban dapat menjadi masalah serius bagi individu dan organisasi. 

Perilaku menyimpang dari apa yang diharapkan, dan tidak layaknya manajer pusat pertanggungjawaban adalah contoh dari dampak gagalnya suatu pusat pertanggungjawaban untuk mengakomodasi aspek keperilakuan. Untuk membandingkan kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam menentukan mana yang terbaik dan lebih akurat dalam waktu yang cepat dan juga mudah, maka sebuah organisasi harus memiliki keperilakuan dalam menjalankan akuntansi pertanggungjawaban. 
Jadi peran keperilakuan dalam akuntansi pertanggungjawaban itu sangat penting dan sangat diperlukan. 

Karena perilaku dan sikap seorang akuntan dalam menyampaikan dan memberikan sebuah informasi yang dapat mempengaruhi sikap seseorang dalam mengambil keputusan baik dalam hal apapun yang dapat digunakan bagi individu maupun organisasi. Oleh karena itu, aspek keperilakuan menjadi aspek penting dari pada aspek-aspek lainnya dan pentingnya keperilakuan dalam akuntansi pertanggungjawaban.


Loading...
BERITA LAINNYA