Imigran Afganistan Gelar Aksi Lagi, Kali Ini ke DPRD Riau

Rabu, 26 Januari 2022 - 19:12:35 wib | Dibaca: 467 kali 
Imigran Afganistan Gelar Aksi Lagi, Kali Ini ke DPRD Riau
Ratusan Imigran Afganistan melakukan aksi di depan Gedung DPRD Riau, Rabu (26/1/2022). Dok.Yuni/Gagasan

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU -  Ratusan Imigran Afganistan melakukan aksi unjuk rasa di Depan Gedung DPRD Riau. Dalam tuntutannya, para demonstran tersebut meminta kepastian untuk segera dipindahkan ke negera ketiga penampung pengungsi.

Salah seorang Imigran Afganistan, Nazir mengatakan rata-rata mereka sudah sepuluh tahun berada di Riau. Mereka meminta agar wakil rakyat di DPRD Riau meneruskan tuntutan mereka kepada pihak UNHCR agar segera merealisasikan permintaan imigran. 

"Kami minta untuk dikirimkan ke negara ketiga, itu saja. Saya pribadi sudah berada disini semenjak Desember 2014. Sampai saat ini belum pernah sama sekali bekerja, begitu juga dengan pendidikan formal," kata Nazir.

Ketika ditanyakan apa saja fasilitas yang disediakan selama mereka mengungsi di Pekanbaru. Nazir mengatakan mendapatkan tempat tinggal satu ruangan diisi oleh dua orang, mereka juga mendapat uang bulanan untuk dewasa Rp1,2 juta. Untuk anak-anak senilai Rp500 ribu per bulan.

"Kami hanya meminta kejelasan kapan kami akan dipindahkan. Kami berharap para senator disini menyampaikan kepada pemerintah Indonesia," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Perizinan KemenkumHAM Kanwil Riau, Irwanto menyayangkan aksi imigran ini sudah berkali-kali terjadi padahal kewenangan untuk memindahkan mereka ke Negera ketiga berada di tangan UNHCR. Pihak KemenkumHAM meminta para pengungsi untuk bersabar.

"Bangsa ini sudah baik mengurusi mereka tapi mereka masih menanyakan untuk tinggal ke negera pengungsi. Itu urusannya UNHCR, kita tidak bisa memaksakan negara ketiga, karena kewenangannya ada di UNHCR. Kita juga menunggu kebijakan terhadap para imigran ini. Pengungsi tidak sabar," kata dia.

Dia mengatakan para Imigran yang berjumlah ratusan orang itu sudah diurusi dengan layak selama ini di Riau. Tapi tetap saja menyalahkan aparat.

"Tempat tidur mereka layak kok, mereka dikasih uang. Hanya saja meminta supaya mereka bersabar. Jangan menyalahkan aparat, karena memindahkan mereka bukan tugas kami," kata dia.

Sementara itu, Kasubag Humas DPRD Riau Raja Faisal mengatakan, pihaknya menerima aduan para imigran yang selanjutnya akan diteruskan ke Pimpinan dewan.

"Kita tampung aspirasi mereka. Katanya tiga hari lagi mereka akan datang lagi kesini. Kita sampaikan tuntutan ini ke pimpinan," kata dia.


Loading...
BERITA LAINNYA