Aliansi Mahasiswa Se-Riau Gelar Aksi di Depan Gedung DPRD Riau

Senin, 11 April 2022 - 21:34:02 wib | Dibaca: 735 kali 
Aliansi Mahasiswa Se-Riau Gelar Aksi di Depan Gedung DPRD Riau
Ribuan massa aksi saat berkumpul di depan gedung DPRD Provinsi Riau

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Ribuan massa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa se-Riau menyampaikan 5 tuntutan saat melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD Riau jalan Sudirman Pekanbaru. Senin (11/4/2022).

Dora selaku koordinator lapangan aliansi mahasiswa UMRI menyebut aksi ini merupakan upaya dalam memastikan kondisi bangsa dan negara baik dari aspek ekonomi, sosial, politik yang saat ini menjadi sorotan publik.

"Kita sebagai aliansi mahasiswa Umri yang tergabung dalam aliansi mahasiswa Riau menyatakan sikap untuk menyampaikan poin poin tuntutan yang telah dikaji bersama saat konsolidasi ke gedung DPRD Provinsi Riau," kata Dora.

Aksi yang berlangsung sekitar pukul 14.00 WIB ini memiliki lima tuntutan mahasiswa yakni mahasiwa mendesak dan menuntut Presiden Jokowi untuk menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan bahan pokok dan menyelesaikan permasalahan ketahanan bahan pokok.

Selanjutnya, mahasiswa menuntut Presiden Jokowi untuk menstabilkan pendistribusian BBM subsidi di seluruh Indonesia.

"Kami juga menyuarakan penolakan penundaan pemilu. Mendesak dan menuntut Presiden Jokowi untuk menunda dan mengkaji ulang UU IKN (Ibukota Negara)," kata salah seorang orator.

Selanjutnya, massa mendesak dan menuntut Presiden Jokowi untuk menyelesaikan konflik agraria di seluruh Indonesia.

Dan terakhir, mahasiswa mendesak dan menuntut Presiden Jokowi untuk menghadirkan Perppu atas UU KPK No.19 tahun 2019, serta kembalikan marwah KPK sebagai realisasi janji-janji Presiden dalam agenda pemberantasan korupsi dan tegakkan Amanat TAP MPR No. 11 tahun 1998.

Pantauan di lapangan, saat ini, massa aksi ditemui langsung oleh pimpinan DPRD Riau, yakni Ketua DPRD Yulisman bersama Wakil Ketua Agung Nugroho, Hardianto dan Syafaruddin Poti  dan beberapa anggota DPRD Riau lainnya.

Saat ini, orasi mahasiswa masih sedang berlangsung dan mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian.


Loading...
BERITA LAINNYA