Akuntansi Operasi Cabang Viera Oleh-oleh

Rabu, 20 Juli 2022 - 12:48:48 wib | Dibaca: 684 kali 
Akuntansi Operasi Cabang Viera Oleh-oleh
Mahasiswi UMRI

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Untuk memenuhi tugas akhir Akuntansi Keuangan Lanjutan di bimbing oleh Dosen Akuntansi Keuangan Lanjutan, Siti Rodiah, SE., M.Sc, Mahasiswa UMRI dari Jurusan Akuntasi melakukan kunjungan ke Viera Oleh-Oleh.

Kunjungan dilakukan dengan tujuan ke ingin tahuan mahasiswa tentang Akuntansi Operasi Cabang yang dilakukan oleh Viera Oleh-Oleh yang menjalankan bisnisnya terhadap cabang yang bisa dikatakan belum lama berdirinya di Kota Pekanbaru.

Sejarah Viera Oleh-Oleh awal mulanya terbentuk pada tahun 2015 dengan nama Rumah Kue Viera yang masih melakukan penjualan dengan cara pre-order. Pada tahun 2017 dengan meningkatnya pembelian, owner Viera membuka offline pertamanya yang terletak di Jl. Melati No. 2 atau (diujung dari Jalan Naga Sakti). 

Dari store pertama yang penjualannya meningkat dari tahun ke tahun membuat owner Viera mengganti nama dari Rumah Kue Viera beralih menjadi Viera Oleh-Oleh dan pada tahun yang sama membuka cabang pertama yang berada di Jl. Jend. Sudirman dan cabang kedua pada tahun 2022 yang berada di Jl. Riau BC No. 151.  

Tak sampai disitu ke ingin tahuan Mahasiswa UMRI. Mahasiswa UMRI mencari tahu tentang kendala apa saja yang terjadi dalam pembangunan cabang-cabang Viera kepada Supervisor yang mana hasilnya, “Tidak adanya kendala dalam pembangunan untuk cabang-cabang Viera Oleh-Oleh.”  Jelas Jusriantono selaku supervisor Viera Oleh-Oleh. 

Mereka menemui bagian keuangan yang ada di Viera Oleh-Oleh dengan tujuan ingin mengetahui bagaimana Viera Oleh-Oleh mengolah laporan keuangan dengan 2 cabang yang sudah berdiri. Hasil yang di dapat, dari penjelasan bagian keuangan viera yaitu sistem operasi keuangan terhadap cabang-cabang viera masih dilakukan manual dengan menggunakan microsoft excel yang dilakukan di offline pertama viera lebih tepatnya pusat dari Viera Oleh-Oleh. 

Karena Viera Oleh-Oleh hanya mempunyai bagian keuangan yang di letakkan di pusat. 
 “Perbedaan pasti ada karena pusat lebih ramai dibanding cabang-cabang lainnya dikarenakan cabang di jl sudirman maupun jl riau masih terbilang sangat baru dibuka dan dipusat itu urutan yang pertama untuk pelanggan ramai pembelian. Untuk keuntungan sesuai rate dibagi setengah-setengah dan paling utama itu dipusat untuk saat ini.” Kata Bagian Keuangan Viera Oleh-Oleh Rikrik Fatimah yang juga menjelaskan perbedaan yang dialami oleh Viera Oleh-Oleh.

Lanjut dari pertanyaan Mahasiswa Umri yang bertanya tentang masalah apa yang terjadi, Bagian Keuangan menjelaskan “Terdapat masalah yang terjadi misalkan dengan titip uang dari cabang dimana kendala pada bagian cabang uang kecil dan tidak memegang uang banyak. Sementara uang harus disetor ke pusat dan setoran pun ke pending yang seharusnya disetor pada pagi hari berubah jadi siang hari karena harus menunggu uang yang terpakai pada cabang, dan ini hanya kesalahan teknis saja”. 

Dan keuangan juga menjelaskan tentang pendapatan yang terjadi di Viera Oleh-Oleh yaitu. “Untuk pendapatan dilaporkan tiap hari, Laporan keuangan bagian pusat dan cabang tetap terpisah namun setoran dibuat menjadi satu karena jika laporan keuangan digabungkan tidak akan tahu apa saja kesalahan dan perbaikan yang terjadi di pusat maupun cabang-cabang lainnya misalkan omset lagi turun dan itu tidak bisa disatukan tetap harus terpisah laporan tersebut. Perbedaan keuangan yang ada di pusat dan cabang hanya terletak pada laporan keuangan yang fokus bekerja di pusat sedangkan untuk cabang sendiri akan diawasi oleh supervisor.” ujar Rikrik Fatimah selaku bagian keuangan Viera Oleh-Oleh.

Penulis: Nadya Berlianti, Erika Liza Putri, Yuni Rahmi, Nur Azzahra Wedyati, Aulia Rahmi Anasril.
Universitas Muhammadiyah Riau
Mahasiswa Jurusan Akuntansi


Loading...
BERITA LAINNYA