Tim KUKERTA UNRI Sosialisasi Pembuatan Sabun Pembersih Eco-Friendly di Kelurahan Air Putih

Selasa, 09 Agustus 2022 - 17:44:24 wib | Dibaca: 866 kali 
Tim KUKERTA UNRI Sosialisasi Pembuatan Sabun Pembersih Eco-Friendly di Kelurahan Air Putih
Foto bersama usai menggelar sosialisasi pembuatan sabun pembersih eco-friendly di RW 02 Kelurahan Air Putih, Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Minggu (7/8/22).

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Tim KUKERTA UNRI bersama Dosen Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik mengadakan sosialisasi pembuatan sabun pembersih eco-friendly di RW 02 Kelurahan Air Putih, Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Ketua KUKERTA, Habib Arrofi yang merupakan Mahasiswa Teknik Kimia mengatakan, sosialisasi itu dalam rangka memanfaatkan sampah rumah tangga yang dibuang sia-sia oleh masyarakat, serta mengurangi pencemaran lingkungan dilingkungan RW 02 Kelurahan Air Putih.

"Banyaknya sampah rumah tangga sampai saat ini masih menjadi sebuah masalah. Kurangnya kemampuan dalam mengelola sampah rumah tangga menyebabkan banyaknya tumpukan sampah tidak terolah yang seharusnya bisa di manfaatkan dengan baik," kata Habib Arrofi pada Minggu (7/8/22) kemaren.

Padahal, kata Habib, jika bisa diolah dengan baik sampah organik rumah tangga bisa dijadikan banyak hal yang berguna seperti pupuk kompos dan eco-enzyme yang mempunyai banyak sekali manfaat. 

Dalam sosialisasi pembuatan pupuk kompos dan eco-enzyme itu, Mahasiswa KUKERTA melakukan praktek serta mendemonstrasikan teknik dan cara pembuatan sabun pembersih eco-friendly bersama dengan ibu-ibu masyarakat sekitar. 

"Setelah pada Sabtu (6/8/22) lalu kami mengadakan sosialisasi bersama ibu-ibu masyarakat sekitar menggunakan sampah organik yang dibawa oleh ibu-ibu dari rumahnya masing-masing," paparnya.

"Demonstrasi dan pembuatan sabun pembersih eco-friendly dilakukan pada lokasi yang sama yaitu Fasilitas Umum RT 08 RW 02," paparnya lagi.

Lebih lanjut Habib mengatakan, sosialisasi itu diawali dengan cek tensi rutin yang dilakukan oleh Tim KUKERTA. Kemudian dengan antusias yang tinggi ibu-ibu yang hadir dibagi secara berkelompok untuk belajar membuat sendiri sabun pembersih eco-friendly dengan arahan yang diberikan oleh Tim KUKERTA. 

"Kegiatan berjalan lancar dan mendapat respon positif dari ibu-ibu masyarakat," sebutnya.

Pada akhir acara, semua sabun pembersih yang sudah dibuat dibagikan kepada ibu-ibu yang hadir. Tim KUKERTA berharap kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar sehingga dapat mengolah dan memanfaatkan sampah organik secara maksimal. 

"Tentunya tidak hanya untuk penggunaan pribadi, sabun pembersih ini juga dapat diproduksi secara komersial," tutupnya.

Untuk diketahui, Tim KUKERTA INTEGRASI Gelombang 3 Universitas Riau Kelurahan Air Putih 2022 beranggotakan, yakni Habib Arrofi (Teknik Kimia) sebagai Ketua, Annaya Qamara Tasman (Ilmu Keperawatan) Sebagai Sekretaris 1, Retta Emelda (Teknik Kimia) Sebagai Sekretaris 2.

Siti Rahmi Indri Wulandari (Ilmu Keperawatan) sebagai Bendahara, Muhammad Hisna Sayyidhani (Teknik Kimia) dan Muhammad Ilham Febrian Mahodum Hasibuan (Teknik Kimia) sebagai Koodinator Lapangan, Hanifah Indriana (Pendidikan Bahasa Inggris) dan  Danny Darliansyah (Matematika) sebagai Tim Humas.

Selanjutnya Alivia Hardana Putri (Pendidikan Matematika) dan Prapita Apriliani (Ilmu Keperawatan) sebagai Tim Publikasi dan Dokumentasi. Pelaksanaan Kegiatan Kukerta Ini Sendiri Dibimbing Oleh  Chairul, ST. MT. dan Dr. Deviona, SP. MP

Penulis: Alivia Hardana Putri


Loading...
BERITA LAINNYA