Mahasiswa Kukerta UNRI Sosialisasi PHBS di SDN 024 Batu Panjang

Jumat, 12 Agustus 2022 - 19:32:52 wib | Dibaca: 677 kali 
Mahasiswa Kukerta UNRI Sosialisasi PHBS di SDN 024 Batu Panjang
Mahasiswa Kukerta Integrasi UNRI mengajarkan enam langkah gerakan mencuci tangan yang baik dan benar disertai dengan Senam Cuci Tangan kepada siswa/siswi SDN 024 Kelurahan Batu Panjang, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

GAGASANRIAU.COM, BENGKALIS - Menyemarakkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menjadi salah satu program yang sedang digalakkan oleh pemerintah, khususnya oleh Kementrian Kesehatan. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki pola dan gaya hidup masyarakat demi meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. 

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah upaya untuk menularkan kebiasaan hidup bersih dan sehat seperti menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan sabun, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok dalam ruangan, membuang sampah pada tempatnya, dan berbagai kebiasaan lainnya yang dapat dilakukan dalam aktivitas sehari-hari. 

Maka dari itu, Kelompok Kukerta melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SDN 024 Kelurahan Batu Panjang, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau dengan target kepada siswa-siswi dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya hidup sehat dengan membiasakan gerakan mencuci tangan yang baik dan benar.

"Dalam mendukung program pemerintah, Kelompok Kukerta Integrasi UNRI Batu Panjang turut berkontribusi dalam pembiasaan dan sosialisasi pengetahuan akan pentingnya PHBS di SDN 024," kata Ketua Kukerta UNRI, Aldi Syahrul Khunaivi, Jumat (12/8/2022).

Dipaparkan Aldi, perlu disadari bahwa menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dapat dimulai dari pembiasaan PHBS terhadap siswa, guru maupun elemen masyarakat yang ada di lingkungan sekolah.

Kegiatan ini diselenggarakan sejalan dengan Program Pengabdian yang dilaksanakan oleh Dosen bersama Mahasiswa dalam Kukerta Integrasi UNRI Batu Panjang yaitu Pembuatan Alat Pemurni Air Laut Skala Besar untuk Memenuhi Kebutuhan Air Bersih. 

"Salah satu indikator dalam PHBS yaitu penggunaan air bersih. Tentunya dalam kehidupan sehari-hari, diperlukan air bersih untuk mencuci tangan, konsumsi, mandi dan aktivitas lainnya. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang sehat dan bersih," terangnya.

Dalam rangkaian Kegiatan Sosialisasi PHBS di SDN 024 Batu Panjang, Kelompok Kukerta Integrasi UNRI Batu Panjang memberikan beberapa pengetahuan mengenai gaya hidup bersih dan juga tahapan dalam mencuci tangan yang baik dan benar. 

Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kesadaran dan pemberian dasar pengetahuan bagi anak-anak untuk menerapkan PHBS dalam kegiatan sehari-hari dan mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk siswa/i Kelas IV SDN 024 Batu Panjang. Sosialisasi dimulai dengan memberikan penjelasan dan pengertian mengenai PHBS kepada siswa/i. Kemudian acara dilanjutkan dengan menjelaskan bentuk PHBS yang dapat diterapkan di sekolah. 

"Pada acara intinya, Mahasiswa Kukerta Integrasi UNRI Batu Panjang mengajarkan enam langkah gerakan mencuci tangan yang baik dan benar disertai dengan Senam Cuci Tangan untuk membuat gerakan lebih mudah diingat oleh siswa/i Kelas IV SDN 024 Batu Panjang," terang Aldi.

Sebagai penutup kegiatan mahasiswa kukerta integrasi turut mengadakan kuis kepada Siswa/i mengenai PHBS dan Gerakan Mencuci Tangan yang baik dan benar.


Loading...
BERITA LAINNYA