Ajak Gunakan Gawai Secara Bijak, Mahasiswa KKN 62 UMRI-Relawan TIK Riau Gelar Ngobrol Digital

Jumat, 09 September 2022 - 09:28:43 wib | Dibaca: 701 kali 
Ajak Gunakan Gawai Secara Bijak, Mahasiswa KKN 62 UMRI-Relawan TIK Riau Gelar Ngobrol Digital

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Mahasiswa KKN Kelompok 62 Universitas Muhammadiyah Riau dan Relawan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) Provinsi Riau berupaya untuk mengedukasi peserta didik SMAN 1 Lubuk Dalam mengenai pentingnya literasi digital bagi setiap orang di zaman digital pada Kamis (8/9/2022).

Indonesia menduduki peringkat ke-4 pengguna internet paling banyak di dunia, namun di sisi lain tingkat literasi digital Indonesia hanyalah sebanyak 3,46 dari nilai maksimum 500. Sebagai salah satu negara pengguna internet paling banyak  di dunia kemampuan literasi digital masyarakat Indonesia perlu ditingkatkan.

“Kemampuan dasar di era digital yang perlu kita kuasai seperti kecakapan individu dalam menggunakan internet, menggunakan media sosial, dan kemampuan mencari, memilah dan memilih konten yang positif, serta kemampuan mengolah dan membuat informasi," ungkap Akbar Kurniawan Ketua Kelompok 62 KKN Universitas Muhammadiyah Riau.

Program edukasi ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi digital siswa-siswi SMA Negeri 1 Lubuk Dalam.

Sosialisasi disampaikan oleh Wahyu Oktafialni, S.Sos sebagai narasumber utama. Materi yang disampaikan adalah 4 pilar literasi digital.

"Terdapat empat pilar yang membentuk kerangka kerja literasi digital. Dimulai dari kemampuan penggunaan layanan digital (digital skills), beretika dalam ruang digital (digital ethics), keamanan digital (digital safety), dan membangun budaya digital (digital culture)," kata Wahyu saat menjadi narasumber.

Selain materi, berbagai praktek langsung juga dilakukan oleh narasumber seperti mengecek waktu penggunaan gawai, keamanan data dan kata sandi dan juga sesi tanya jawab.

"Kami yakin dan percaya sosialisasi ini dapat bermanfaat untuk seluruh warga sekolah. Era digital kita harus mampu berselancar dengan bijak didunia digital," Jelas Bima Amrianto Rahmad Illahiy selaku ketua panitia pelaksana.

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Lubuk Dalam Masaruddin, menyebut bahwa ia dan pihak sekolah sangat mendukung kegiatan ini dan berharap kegiatan ini dapat berlanjut. 

"Kita apresiasi untuk adik-adik KKN Universitas Muhammadiyah Riau, kegiatan ini perlu kita support. Kita berharap kegiatan positif ini bisa berkelanjutan dan menuai hasil yang positif pula". Ujar Kepala SMA Negeri 1 Lubuk Dalam Masaruddin, S.Pd., MM.


Loading...
BERITA LAINNYA