Mahasiswa KKN UMRI Sosialisasi Pelestarian Lingkungan dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Lubuk Agung

Kamis, 22 September 2022 - 12:11:09 wib | Dibaca: 705 kali 
Mahasiswa KKN UMRI Sosialisasi Pelestarian Lingkungan dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Lubuk Agung

GAGASARIAU.COM, PEKANBARU - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) yang tergabung ke dalam Kelompok 18 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Lubuk Agung menggelar sosialisasi pemanfaatan bahan-bahan organik sebagai upaya pelestarian lingkungan dan peningkatan ekonomi masyarakat, Rabu (14/9/2022).

Sosialisasi turut dihadiri oleh perangkat desa beserta Ibu PKK sebagai pendukung diadakannya pembuatan Pupuk Organik yang berbahan dasar kotoran sapi.

"Setelah sosialisasi ini dilakukan, nantinya dapat mendorong masyarakat di Desa Lubuk Agung untuk memberdayakan dalam pengelolaan manfaat sumber bahan baku yang ada di Desa Lubuk Agung untuk menggantikan pupuk kimia. Bahan baku mudah diperoleh di Desa Lubuk Agung tanpa harus membeli," ungkap Beny Yulianto, SKM, M.KL selaku pemateri.


Menurut Mahasiswa KKN sosialisasi pembuatan pupuk organik dilakukan untuk membantu dalam pemanfaatan bahan-bahan yang tidak terpakai dan memiliki daya guna setelah di campur dengan berbagai macam bahan lainnya. Selain itu juga bisa menambah sumber perekonomian masyarakat.


"Bahan baku pembuatan pupuk organik sangat mudah didapat karna bisa memanfaatkan sampah rumah tangga, meski tidak semua jenis sampah bisa diolah menjadi pupuk organik," ujar Beny.

Beny Yulianto, SKM, M.KL menjelaskan jenis sampah yang bisa diolah menjadi pupuk organik dan sampah yang tidak bisa diolah.


"Warga Desa Lubuk Agung bersemangat dalam sosialisasi yang di laksanakan di Aula Desa Lubuk Agung. Tim KKN Kelompok 18 Universitas Muhammadiyah Riau berharap masyarakat bisa secara mandiri memproduksi pupuk organik dengan memanfaatkan limbah rumah tangga atau kotoran sapi," pungkasnya.


Loading...
BERITA LAINNYA