Sosialisasi BUMN Holding BUMN Sebagai Lokomotif Kebangkitan Ekonomi Masa Depan

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 18:01:00 wib | Dibaca: 673 kali 
Sosialisasi BUMN Holding BUMN Sebagai Lokomotif Kebangkitan Ekonomi Masa Depan

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Anggota Komisi VI DPR RI Jon Erizal melaksanakan sosialisasi BUMN dengan mengangkat tema holding BUMN sebagai lokomotif kebangkitan ekonomi masa depan kegiatan ini di laksanakan di hotel Bono Minggu (9/10/2022).

Sosialisasi ini di hadiri oleh Pelaku UMKM Se- Kecamatan Sukajadi Pekanbaru berjumlah 100 orang dengan narasumber yang hadir yakni Jon Erizal.

Dalam penyampaian materinya Jon Erizal menjelaskan peran terdepan BRI dalam mendorong inklusi keuangan.

"Dimana BRI memiliki visi menjadi The Most valuable Banking Group in Southeast Asia & Champion of Financial Inclusion pada 2025. Salah satu visi untuk menjadi Champion of Financial Inclusion," ujar Jon dalam penyampaian materi.

BRI menyadari bahwa hal tersebut dapat mendorong pemerataan kemakmuran bagi bangsa Indonesia.

Jon melanjutkan Visi BRI tersebut memang sejalan dengan visi pemerintah yang mencanangkan tingkat inklusi keuangan mencapai 90% pada 2024

"Merujuk data survei tiga tahunan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), inklusi keuangan pada tahun 2019 baru mencapai 76,19% atau meningkat dari 67,8% pada 2016," lanjutnya.

Putra asli Bengkalis ini mengatakan dalam mewujudkan peningkatan inklusi keuangan tersebut, juga harus diikuti peningkatan literasi keuangan. Di mana menurut data OJK literasi keuangan baru mencapai 38,03% pada 2019, meningkat dari 29,7% pada 2016

"BRI setidaknya memiliki 3 strategi utama dalam upayanya meningkatkan financial literasiindex. Pertama, mengembangkan Agen BRILink menjadi 600 ribu hingga akhir 2022 di seluruh Indonesia. Kedua, BRI pun akan mengembangkan digital advisor atau penyuluh digital," kata Jon.

Dengan tugas mengajari masyarakat untuk membuka rekening dan bertransaksi secara digital, serta mengajarkan masyarakat melakukan pengamanan agar terhindar dari kejahatan digital.

"BRI berupaya secara konsisten mengembangkan ekosistem bisnis secara digital. Sehingga transaksi keuangan harian nasabah terus-menerus dilakukan secara digital, untuk menjamin keberlanjutan dari proses keuangan digital di masa depan," Pungkasnya.

Jon menjelaskan, BRI memiliki agen yakni BRILink agen laku pandai milik BRI atau agen BRILink merupakan hybrid channel dari BRI secara brancless banking.

"Melalui agen BRILink masyarakat dapat menikmati layanan/jasa transaksi keuangan layaknya layanan bank di agen-agen/mitra Agen BRILink secara lebih dekat," jelasnya.

Wakil rakyat dari riau ini juga menyampaikan bahwa BRI juga menjadi induk Holding Ultra Mikro (UMi) yang dibentuk untuk memperkuat literasi dan inklusi keuangan.  Sinergi ekosistem ultra mikro antara BRI dengan Pegadaian dan PNM (Permodalan Nasional Madani) adalah untuk membuka akses layanan keuangan yang lebih luas kepada masyarakat.

Terdapat 45 juta potensi nasabah ultra mikro yang dapat diberdayakan. Sekitar 15 juta di antaranya sudah dapat mengakses lembaga pembiayaan formal. Meskipun demikian, masih ada sekitar 12 juta pelaku usaha UMi yang mengakses pembiayaan informal termasuk rentenir, dan sekitar 18 juta pelaku usaha UMi lainnya belum tersentuh lembaga pembiayaan formal maupun informal. Di sinilah segmen UMi dapat menjadi sumber pertumbuhan baru bagi BRI Group, tuturnya.

Beliau melanjutkan, Pencapaian Holding Umi Hingga akhir Agustus 2022 tercatat jumlah nasabah yang telah diintegrasikan ketiga entitas Holding UMi mencapai 23,5 juta nasabah dengan total outstanding pembiayaan sebesar Rp.183,9 triliun.

Disamping itu, BRI berhasil menaikkelaskan 1,8 juta nasabah KUR Mikro ke Komersial di tahun 2021 dan di tahun 2022 diprediksikan nasabah yang berhasil dinaikkelaskan
mencapai 2,2 juta nasabah.

Di akhir materinya Jon Erizal menyampaikan, Hingga Agustus 2022 integrasi layanan ketiga entitas atau co-location melalui Gerai Senyum sudah mencapai 1.003 lokasi.

"Target awal adalah 978 lokasi Gerai Senyum. Penabung baru UMi mencapai 6,85 juta, adapun target awal sebanyak 3,3 juta. Nasabah PNM Mekaar yang bergabung sebagai Agen BRILink sudah mencapai 40.121," Jelasnya.


Loading...
BERITA LAINNYA