112 Pemuda Pemudi se-Kecamatan Gaung Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

Sabtu, 24 Desember 2022 - 10:37:39 wib | Dibaca: 714 kali 
112 Pemuda Pemudi se-Kecamatan Gaung Ikuti Pelatihan Kewirausahaan
Sekretaris DPMD H Dwi Budiyanto, S.Sos, M.Si saat membuka pelatihan kewirausahaan yang diikuti 112 peserta dari 15 Desa se Kecamatan Gaung, Sabtu (24/12).

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Dalam rangka meningkatkan perekonomian, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) menggelar pelatihan kewirausahaan bagi pemuda pemudi se-Kecamatan Gaung.

Pelatihan tersebut dibuka langsung secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Inhil, Budi N Pamungkas diwakili Sekretaris DPMD H Dwi Budiyanto, S.Sos, M.Si.

"Pelatihan ini diharapkan bermanfaat bagi para pemuda pemudi untuk mengembangkan minat dan meningkatkan motivasi untuk terjun ke dunia wirausaha," kata H Dwi Budiyanto saat membuka secara resmi pelatihan tersebut, Sabtu (24/12/2022).

H Dwi Budiyanto mengatakan, pemuda memiliki kekuatan besar untuk kemajuan desa, maka dari itu dibutuhkan peran pemuda dalam berinovasi diberbagai sektor agar mampu bersaing, salah satunya sektor ekonomi kreatif.

"Saudara memiliki kekuatan besar untuk membantu peningkatan ekonomi masyarakat. Jika ekonomi desa tumbuh maka masyarakat desa sejahtera," paparnya.

Selanjutnya Leader Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ),  Syarifudin Ayub menyampaikan beberapa materi pelatihan, yakni Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan dan Ternak, Pembuatan Nata De Coco dan Online Shopee/Marketplace.

"Saya berharap beberapa materi tersebut dapat diterapkan oleh para peserta yang berjumlah 112 orang utusan dari 15 Desa se Kecamatan Gabung," kata Syarifudin Ayub.

Tujuan pelatihan ini, paparnya, untuk mengembangkan minat dan motivasi pemuda untuk terjun ke dunia wirausaha. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan tata kelola usaha, produksi, pemasaran serta jejaring kemitraan bisnis.

"Mengembangkan kemampuan wirausaha muda dalam upaya pengembangan kewirausahaan di kalangan pemuda," jelasnya.

Mengingat pelatihan ini sangat penting, Syarifudin Ayub berharap tahun depan bisa dilaksakan lagi agar pemuda pemudi kecamatan Gaung mampu mengolah sumber daya alam yang dimiliki agar berguna dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.


Loading...
BERITA LAINNYA