Mahasiswa Magang UMRI dalam Mencari Nasabah Pengguna EDC

Selasa, 28 Februari 2023 - 12:58:22 wib | Dibaca: 502 kali 
Mahasiswa Magang UMRI dalam Mencari Nasabah Pengguna EDC
Foto bersama nasabah saat mengisi formulir edc

Sekarang di Universitas Muhammadiyah Riau ada program MBKM. Apa itu program MBKM? Nah MBKM adalah kepanjangan dari program merdeka-belajar kampus merdeka. Mahasiswa MBKM adalah mahasiswa yang menjalankan program merdeka-belajar kampus merdeka yang diadakan oleh suatu perguruan tinggi. 

Tujuan dari MBKM ini adalah dapat mengembangkan keterampilan, kepemimpinan, tanggungjawab, kepercayaan diri dan juga sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja. Program MBKM ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat terjun dan merasakan secara langsung bagaimana dunia kerja serta dapat menambah pengalaman dan wawasan. 

Ada 4 program yang diikuti oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau pada pelaksanaan MBKM tahun 2022 yakni program asisten mengajar, pertukarn mahasiswa merdeka, program magang dan strudi independen serta wirausaha muda merdeka. Salah satu program MBKM yang diikuti oleh jurusan akuntansi yaitu program magang.

Dimana pada program ini mahasiswa tidak mengikuti kegiatan kuliah selama melakukan kegiatan magang dan mata kuliah di konversi 20 SKS dimana nilainya diambil dari kegiatan pada saat magang. Prodi Akuntansi Muhammadiyah Riau melakukan seleksi kepada mahasiswa yang ingin mengikuti program magang dan untuk di PT BRI persero Tbk lulus seleksi sebanyak 20 orang mahasiswa dan 20 mahasiswa tersebut dibagi lagi untuk di tempatkan di kantor cabang, kantor cabang pembantu dan juga kantor kas. 

Perkenalkan nama saya Rahmatul Aini salah satu mahasiswa yang ditempatkan di BRI KCP Panam yang dibimbing oleh ibuk Siti Samsiah SE. M.Ak selaku pembimbing utama dan bapak Ashadi Rikowiya selaku pembimbing lapangan. BRI KCP Panam yang beralamat di Jalan Soebrantas KM 11,5 Tuah Karya, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau (28293). 

Pada saat pelaksanaan kegiatan magang mahasiswa juga turut turun ke lapangan untuk melaksanakan mapping. Apa tujuan mapping? Mapping itu dilakukan untuk mengetahui nasabah-nasabah yang potensial untuk dijadikan nasabah BRI KCP Panam. Pada saat mapping Mahasiswa UMRI mendatangi berbagai UMKM yang belum mempunyai rekening dari BRI, yang belum mempunyai barcode QRIS dan yang ingin menggunakan mesin EDC. 

Apa itu EDC? EDC adalah Electronic Data Capture yang merupakan suatu mesin dengan fungsi mendukung proses penerimaan pembayaran dari konsumen pengguna kartu debit maupun kredit. Nah pada zaman yang serba canggih seperti saat sekarang ini konsumen tidak perlu lagi repot-repot membawa uang tunai untuk pembayaran sekarang sudah ada mesin EDC yang dengan cepat, aman, praktis dapat melakukan pembayaran. 

Manfaat dari EDC adalah memperlancar transaksi di waktu sibuk. Sebagai contoh, pelanggan ingin membeli suatu produk dan apabila dibayar tunai, kembaliannya berjumlah besar serta akan memakan waktu yang lama. Sedangkan jika menggunakan mesin EDC kita cuma gesek pakai kartu ATM dan pembayaran sudah bisa dilakukan tanpa harus menghitung uang tunai.

Mahasiswa MBKM Universitas Muhammadiyah Riau mampu melayani UMKM yang ingin menggunakan mesin EDC untuk pembayaran yang akan memudahkan pedagang UMKM dan juga konsumen yang akan transaksi belanja tanpa uang tunai anti ribet, simple dan cepat. 

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau mendatangi para pedagang UMKM satu persatu untuk mewarkan mesin EDC. Jika pedagang UMKM berminat untuk memakai mesin EDC maka pedagang UMKM harus buka rekening BRI terlebih dahulu daftar melalui digital saving melalui web bukarekening.bri.co.id. 

Setelah rekeningnya terbentuk maka pedagang UMKM mengisi formulir untuk di daftarkan menggunakan mesin EDC data yang harus diisi nomor ktp, npwp jika ada, nomor rekening, nomor hp, dan alamat email. Setelah mengisi formulirnya mahasiswa magang UMRI memberitahu kepada pedagang UMKM untuk mesin EDC siapnya minimal 5 hari kerja untuk potongan pembayaran melalui mesin EDC nya sebesar 0,15% yang di tanggung oleh pedagang UMKM bukan konsumen. 

Mesin EDC ini diproses oleh RM dana BRI KCP Panam. Untuk rekening baru yang dibuat melalui digital saving tadi mahasiswa magang universitas muhammadiyah riau mengantar formulir pembuatan rekening untuk terbitkan buku tabungan dan atm oleh customer service ke kantor BRI KCP Panam setelah selesai terbitkan buku tabungan dan atm mahasiswa universitas muhammadiyah riau mengantar kembali buku tabungan dan atm ke tempat nasabah pedagang UMKM. 

Selama magang di BRI KCP Panam banyak sekali hal-hal baru yang saya rasakan dan ilmu yang sangat bermanfaat yang sebelumnya belum pernah saya dapatkan. Semoga dapat bermanfaat bagi saya untuk kedepannya

Penulis : Rahmatul Aini (200301128) dan Siti Samsiah, S.E., M.Ak (Universitas Muhammadiyah Riau)


Loading...
BERITA LAINNYA