Hujan Es di Pekanbaru, Begini Penjelasan BMKG

Sabtu, 25 Maret 2023 - 23:14:47 wib | Dibaca: 622 kali 
Hujan Es di Pekanbaru, Begini Penjelasan BMKG
Butiran Hujan es yang sempat dikumpulkan oleh warga pada Sabtu sore (25/3/2023). Dok. Ain/Gagasan

GAGASANRIAU.COM , PEKANBARU - Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Yasir Prayuna menanggapi fenomena hujan es di Pekanbaru yang terjadi Sabtu sore (23/3/2023).

Yasir menjelaskan hal ini  disebabkan oleh pemanasan yang cukup tinggi sejak pagi hingga siang atau sore hari sehingga proses pembentukan awan menjadi masif.

"Ini biasanya terjadi pada masa-masa transisi. Fenomena yang biasa terjadi biasanya angin puting beliung dan hujan es," terangnya.

Terdapat beberapa titik di Pekanbaru yang terkena hujan es, yakni Jalan HR Soebrantas, Jalan Rambutan, dan Jalan Paus.

Selain itu BMKG Stasiun Pekanbaru juga mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Siak, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir pada pagi, siang dan sore hari.

Ditambahkannya, untuk suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 32.0 °C dengan kelembapan udara 58 - 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat - Utara dengan kecepatan 10 - 30 km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m  (rendah).


Loading...
BERITA LAINNYA