Dongrak Potensi UMKM Desa Kampar, Tim Pengabdian kepada Masyarakat UNRI Sosialisasi Branding dan Sosial Media Dapur KWT

Rabu, 09 Agustus 2023 - 18:07:55 wib | Dibaca: 459 kali 
Dongrak Potensi UMKM Desa Kampar, Tim Pengabdian kepada Masyarakat UNRI Sosialisasi Branding dan Sosial Media Dapur KWT

GAGASANRIAU.COM, KAMPAR - Tim Pengabdian kepada masyarakat  Universitas Riau (UR) tahun 2023 melakukan Sosialisasi Branding dan Sosial Media Dapur KWT dengan tujuan menyokong potensi UMKM Desa Kampar.

Sesuai dengan salah satu program kerja yang telah diwujudkan oleh pemerintah desa Kampar dalam melanjutkan program ketahanan pangan yaitu sudah dibangun dan dikelola nya sebuah peternakan, serta lahan perkebunan yang luas dimana lahan tersebut dalam pengerjaannya bekerjasama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT). 

Dari potensi desa yang dihasilkan tersebut, telah diwujudkannya ketahanan pangan yang sudah direncanakan dalam rangka menjadikan desa Kampar lebih makmur dan sejahtera. Oleh Karena itu, Dapur KWT merupakan wadah yang tepat dalam memanfaatkan potensi desa dan mengolahnya menjadi sebuah produk yang akan dijual dan menjadi ciri khas dari desa Kampar itu sendiri. 

Pembentukan dapur KWT ini dirancang oleh pemerintahan Desa Kampar dan rencananya akan dimulai pada bulan mendatang dalam jangka waktu dekat ini.

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau mengadakan Sosialisasi branding dan sosial media pada Selasa (7/8/2023) di aula kantor desa Kampar bersama ibu-ibu PKK Desa Kampar Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. Dimana sebagian ibu-ibu PKK didalamnya juga termasuk anggota Kelompok Wanita Tani (KWT).

“Rencananya di Dapur KWT ini kita akan mengembangkan produk seperti oleh-oleh khas desa Kampar dengan memanfaat kan hasil dari perkebunan yang diolah oleh ibu-ibu kwt, tidak perlu lagi menjual bahan mentah kepasar, dengan adanya hasil tersebut dan diolah menjadi produk, mereka mendapat penghasilan tambahan“ ujar Hanita, S.Pd. selaku ketua PKK Desa Kampar.

M. Ilyas Prayasin selaku ketua tim Kukerta memaparkan bahwa tujuan dari pengadaaan sosialisasi ini adalah memperkenalkan logo atau brand serta media sosial sebagai pasar serta media pengenalan produk kepada Masyarakat luas dari dapur KWT, yang dimana logo dan akun sosialnya sudah Tim Kukerta rancang sebelumnya.

“ Adapun materi yang disampaikan pada sosialisasi branding dan sosial media ini adalah informasi mengenai pengertian, fungsi dan manfaat dari branding itu sendiri, lalu penjelasan mengenai pembuatan logo khusus untuk Dapur KWT yang telah dirancang oleh Tim Kukerta serta pembuatan akun sosial media berupa akun Facebook dan Instagram untuk Dapur KWT yang diharapkan dapat digunakan serta dimanfaatkan bagi Dapur KWT yang akan didirikan oleh Pemerintah Desa Kampar” Ujar Ilyas.

Selain mengadakan sosialisasi branding dan sosial media, tim pengabdian Masyarakat (UR) juga membagikan beberapa sample dari produk Eco-enzyme yang juga telah disosialisasi oleh Tim Kukerta pada kegiatan PKK pada bulan lalu.

Ibu-ibu PKK Desa Kampar sangat antusias mengikuti sosialisasi branding dan Sosial Media tersebut. Bagaimana tidak, banyak pengetahuan baru yang mereka dapatkan serta mereka juga senang mendapatkan sample Eco-enzyme yang diberikan oleh tim kukerta secara merata kepada ibu-ibu PKK dan KWT yang telah hadir pada kegiatan tersebut untuk dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

“Saya selaku Ketua PKK mengucapkan terimakasih kepada Tim Kukerta Desa Kampar dengan diadakannya sosialisasi branding dan sosmed ini telah memberikan kami banyak informasi baru terutama dalam perencanaan pendirian Dapur KWT mendatang, serta pembagian brosur tata cara pembuatan sekaligus sample Eco-enzyme yang diberikan dapat bermanfaat bagi kami semua” Ujar Hanita,S.Pd

Kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan penyerahan logo dan sosial media secara simbolis kepada Ibu Ketua PKK yang diharapkan dapat menjadi brand dari Dapur KWT itu sendiri.


Loading...
BERITA LAINNYA