Pengabdian Mahasiswa KKN SMART UMRI Pemanfaatan TOGA Berbasis Kearifan Lokal di Desa Pulau Rengas

Jumat, 01 September 2023 - 16:30:48 wib | Dibaca: 4105 kali 
Pengabdian Mahasiswa KKN SMART UMRI Pemanfaatan TOGA Berbasis Kearifan Lokal di Desa Pulau Rengas

GAGASANRIAU.COM, PANGEAN - Mahasiswa KKN SMART UMRI Kelompok 30 telah melakukan Pengabdian Masyarakat dengan tema “Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Berbasis Kearifan Lokal” di Desa Pulau Rengas, Kec. Pangean, Kab. Kuantan Singingi yang dilaksanakan pada Selasa, (22/08/2023).

Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan program kerja utama dari kelompok 30 KKN SMART UMRI yang dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yakni Bapak Hadi Purwanto, M.Pd. dan Dosen Farmasi yakni Ibu apt. Nurbaiti., M.Farm sebagai pemateri.

Dalam kata sambutannya bapak Hadi Purwanto, M.Pd sebagai DPL menyampaikan bagaimana peran seorang Perempuan yang sangat berpengaruh di dalam kehidupan rumah tangga terutama pada bidang kesehatan.

"Seseorang perempuan tidak hanya memiliki peran sebagai Ibu Rumah Tangga saja namun, dapat menjadi gerbang kesehatan bagi keluarga yang memiliki pengaruh untuk dapat menjaga dan memperhatikan kesehatan anggota keluarga di rumah." kata Bapak Hadi Purwanto, M.Pd.

Bapak Hadi Purwanto, M.Pd. juga memberi informasi mengenai manfaat dari tempe yang ternyata bermanfaat sebagai sumber protein yang tinggi dan baik untuk di konsumsi oleh berbagai kalangan usia terutama anak-anak.

“Tempe mengandung protein yang tinggi dan sangat baik dikonsumsi untuk segala usia terutama anak-anak, cara mengkonsumsinya dapat dimakan secara mentah ataupun direbus dengan air yang hampir mendidih lalu dicampurkan dengan gula merah. Khasiat dari tempe sangat banyak, seperti sumber protein yang dapat mengenyangkan dan sumber tenaga untuk menjalankan aktivitas dan gula merah dapat menurunkan asam lambung” kata Bapak Hadi Purwanto, M.Pd.

Tanaman Obat Keluarga (TOGA) merupakan tanaman yang dapat ditanam disekitar pekarangan rumah untuk menjaga Kesehatan keluarga. Tanaman Obat atau Obat tradisional memiliki tujuan sebagai Tindakan preventif (pencegahan) dan promotif (meningkatkan derajat Kesehatan). Salah satu Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang banyak terdapat di Kuantan Singingi adalah temulawak.

Dosen farmasi ibu apt. Nurbaiti., M.Farm sebagai pemateri menyampaikan " Apabila kita sakit lebih baik melakukan pertolongan pertama dengan memanfaatkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang ada disekitar perkarangan tempat tinggal. Tanaman Obat Keluarga (TOGA) sangat bermanfaat untuk kita semua seperti membantu memelihara dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. TOGA dapat dikonsumsi dengan cara di rebus hingga mendidih ataupun di keringkan dan dijadikan bubuk yang dapat diseduh dengan air panas. Aturan pakai obat dari tanaman tradisional pun harus diperhatikan dan tidak dapat dikonsumsi setiap hari karena dapat menjadi racun bagi tubuh serta tidak dapat dikonsumsi dengan obat kimia lainnya”.

Pengabdian kepada masyarakat ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat sekitar dan diharapkan

pengabdian ini dapat menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan kesehatan dan pengetahuan masyarakat terutama ibu-ibu yang menjadi gerbang kesehatan bagi keluarga tentang bagaimana pemanfaatan tanaman obat keluarga terutama tanaman lokal yang ada di daerah Kuantan Singingi.


Loading...
BERITA LAINNYA