Mahasiswa Kukerta UNRI Membuat Peta Geospasial Berupa Peta Potensial Desa Pancuran Gading

Selasa, 26 September 2023 - 21:07:37 wib | Dibaca: 217 kali 
Mahasiswa Kukerta UNRI Membuat Peta Geospasial Berupa Peta Potensial Desa Pancuran Gading

GAGASANRIAU.COM, KAMPAR - Tim Mahasiswa KUKERTA (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Riau Desa Pancuran Gading Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau membuat peta potensial Desa Pancuran Gading sebagai bentuk pengabdian dari program kerja Mahasiswa Membangun Desa.

Peta geospasial atau ruang kebumian adalah aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada di bawah, pada atau di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu.

Peta potensial desa adalah gambaran konvensional permukaan bumi baik sebagian atau seluruhnya, pada bidang datar yang diperkecil dengan skala dan dilihat dari atas dengan tulisan tertentu sebagai tanda menyajikan data potensi suatu wilayah.

Desa Pancuran Gading merupakan desa yang memiliki potensi kelapa sawit sebesar 70%, yang di mana kelapa sawit ini sebagai mata pencaharian sebagian masyarakat Desa Pancuran Gading.

Peta Potensial Desa ini dibuat menggunakan Aplikasi QGIS, dengan sumber acuan berupa Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI), Digitalisasi Visual dengan Citra Google Satelite 2021 dan survei lapangan. Pembuatan peta ini berlangsung selama satu minggu oleh Muhammad Ijlal Ghaly, Al Arif Febrian, Fuad Zikri dan Ahmad Zakaria selaku tim pembuat peta.

Saat pembuatan peta, Mahasiswa Kukerta menunjukkan hasil dari progres pembuatan peta ke Sekretaris Desa sehingga beliau dapat memberikan arahan dan masukan untuk bagian yang harus ditambah/dicantumkan ke dalam peta yang telah dibuat oleh Mahasiswa Kukerta.

‚ÄĚDengan adanya peta potensial desa yang dibuat oleh Mahasiswa Kukerta UNRI ini sangat membantu pihak Desa sebagai acuan untuk memperkenalkan potensi yang ada di Desa Pancuran Gading dan masyarakat luar dimudahkan dengan adanya informasi yang ada di dalam peta tersebuttersebut," kata Hazri Isnaldi selaku Sekretaris Desa Pancuran Gading.

Tujuan dari pembuatan peta potensial desa ini adalah memberikan gambaran tentang potensi Sumber Daya Alam yang ada di suatu wilayah Desa Pancuran Gading, sebagai acuan untuk memperkenalkan potensi dari Desa Pancuran Gading dan memberikan kemudahan informasi kepada masyarakat atau tamu yang berkunjung ke Desa Pancuran Gading.

Untuk diketahui, Tim KUKERTA Membangun Desa Gelombang 2 Universitas Riau Desa Pancuran Gading 2023 dengan anggota lengkap Fuad Zikri (Manajemen Sumberdaya Perairan) sebagai Ketua, Anggun Dwi Cahyani Fitri (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini) sebagai Sekretaris I, Putri Mardiyanti (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini) sebagai Sekretaris II, Haifa Muthi (Manajemen Sumberdaya Perairan) sebagai Bendahara.

Selanjutnya Ahmad Zakaria (Manajemen Sumberdaya Perairan) & Shelly Isya Ramadhani (Sosiologi) sebagai Tim Humas, Muhammad Ijlal Ghaly & Gita Putri Sadelina (Manajemen Sumberdaya Perairan) sebagai Tim Infokom dan Al Arif Febrian (Manajemen Sumberdaya Perairan) & Annisa Delia Putri (Sosiologi) sebagai Tim Korlap. Menjalankan kegiatan KUKERTA dengan bimbingan serta arahan dari Ibu Mardiana, SE., M.Si.

Penulis: Anggun Dwi Cahyani Fitri & Putri Mardiyanti


Loading...
BERITA LAINNYA