Mahasiswa Inhu Demo Polda Riau Tuntut Jaminan Keamanan

Rabu, 13 November 2013 - 10:01:23 wib | Dibaca: 2204 kali 

[caption id="attachment_6211" align="alignleft" width="300"]Demo Mahasiswa Aliansi Mahasiswa Inhu di Mapolda Riau Demo Mahasiswa Aliansi Mahasiswa Inhu di Mapolda Riau[/caption]

gagasanriau.com, Pekanbaru - Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Riau Siang tadi sekitar pukul 11.00 Wib didemo puluhan demonstrans untuk mendesak Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Condro Kirono agar mengintruksikan Kapolres Indragiri Hulu untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat didua desa konflik dengan PT. Tunggal Plantation Perkasa pasca bentrok.

Aliansi Mahasiswa Inhu menilai kepolisian resort kabupaten Indragiri Hulu terlalu jauh dalam mengintervensi konflik yang berujung bentrok pada tanggal (21/10) dan pada tanggal (4/11) antara masyarakat yang menuntut dikembalikan lahannya setelah Hak Guna Usaha (HGU) PT. TPP berakhir pada tanggal 31 Desember 2012 telah diperpanjang kembali oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI hingga 2037.

Mahasiswa juga mengkritisi bentrokan yang terjadi antara karyawan perusahaan dengan masyarakat di dua desa yakni desa Jatirejo kecamatan Pasir Penyu dan warga desa Sungai Air Putih Kecamatan Sei Lala belum ada ujungnya untuk ditindaklanjuti oleh Pemkab Inhu dan DPRD Inhu.

Bahkan aparat keamanan (polisi) menurut Fadli ketua Aliansi mahasiswa Inhu menilai tidak memberikan fungsinya dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat korban konflik, justru anak-anak mereka sampai sejauh ini tidak berani untuk pergi ke sekolah mereka karena masih dihantui rasa takut dari ancaman kekerasan pekerja PT.TPP.

Selain itu mahasiswa juga mendesak Instansi pengambil kebijakan yang berada di Kabupaten Indragiri Hulu untuk menyelesaikan terlebih dahulu secara bijaksana tuntutan masyarakat dengan PT.TPP yang sudah menguasai lahan masyarakat selama puluhan tahun.

Demo mahasiswa Inhu didepan Polda Riau tidak berlangsung lama, selain orasi mereka juga manaburkan garam dihalaman depan Mapolda Riau sebagai bentuk protes kepada kepolisian dalam penangan konflik agraria di Kabupaten Inhu.

Ady Kuswanto




Loading...
BERITA LAINNYA