Busyet! Perhelatan WTO di Bali Habiskan Rp109 Miliar

Rabu, 11 Desember 2013 - 03:22:11 wib | Dibaca: 2005 kali 

[caption id="attachment_7066" align="alignleft" width="300"]Gerakan Tolak WTO Gerakan Tolak WTO[/caption] gagasanriau.com, Jakarta-Perhelatan Konferensi Tingkat Menteri Organisasi Perdagangan Dunia / World Trade Organization (WTO) di Bali ternyata membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Menurut Direktur Jenderal Kerjasama Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan RI, Iman Pambagyo pertemuan yang berlangsung dari tanggal 3 sampai 7 Desember 2014 dan dihadiri 160 negara.

"Biaya penyelenggaraan WTO itu Rp109 miliar," katanya di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (10/12).

Dia mengatakan, biaya tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Tidak ada biaya dari peserta WTO. Dana WTO kata dia hanya untuk membiayai tiket pesawat negara - negara miskin

"Biaya dari kita, dari APBN yaitu dari Kementerian Perdagangan. Khusus WTO ia menanggung hotel dan pesawatnya LDCs. Pembiayaan full dilakukan oleh Tuan rumah. Ini pembiayaan yang sudah disetujui DPR, loh," ucapnya.

Selain itu, dia juga mengatakan untuk pertemuan selanjutnya tidak ingin menjadi tuan rumah pertemuan WTO. "Kalau kita kembali lagi menjadi tuan rumah kita pikir-pikir, nggak lah," ujarnya.
  actual.co

Loading...
BERITA LAINNYA