Sekdaprov Tidak Tahu Adanya Pembelian Mobdin

Rabu, 11 Desember 2013 - 10:41:20 wib | Dibaca: 2076 kali 

[caption id="attachment_4587" align="alignleft" width="300"]Zaini Ismail Sekdaprov Riau. Zaini Ismail Sekdaprov Riau.[/caption] gagasanriau.com, Pekanbaru - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau H Zaini Ismail mengaku tidak mengetahui tentang adanya anggaran untuk pembelian mobil dinas (Mobdin) pejabat senilai Rp9,4 miliar dalam APBD Riau 2013. Zaini tidak mengetahuinya, karena ketika itu dia belum menjabat Sekdaprov.
Pengakuan Zaini itu disampaikannya kepada gagasanriau.com, Rabu (11/12). Bahkan, dirinya sedikit terkejut ketika dikonfirmasi tentang kebenaran adanya anggaran pembelian Mobdin itu.
"Kalau untuk tahun 2013, saya kan belum jadi Sekda itu. Berartikan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) yang lama, yang menganggarkan,"terangnya. Menurut Zaini, sejauh ini dia belum mengetahui adanya anggaran tersebut. Namun untuk memastikannya, Zaini meminta riauplus.com, untuk mengkonfirmasinya dengan Kepala Biro Perlengkapan Setdaprov Riau H Abdi Harro. Sementara Abdi Harro sendiri, tidak dapat dihubungi. Empat nomor handphone yang pernah diberikan Abdi Harro ke riauplus.com, satu pun tidak aktif. Demikian juga, ketika ditemui di ruang kerjanya, ternyata Abdi Haro tidak berada di tempat. Berdasarkan rilis yang disampaikan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau menyatakan, biaya untuk membeli kendaraan tiga pejabat tertinggi di Pemerintah Provinsi Riau jauh melebihi besaran dana untuk obat-obatan masyarakat miskin. "Pemprov Riau telah memboroskan anggaran untuk tiga orang pejabat di tahun 2013 yakni sebesar Rp9,4 miliar yang dilaksanakan oleh Biro Perlengkapan," kata Usman, selaku Koordinator Fitra Riau. Dana sebesar itu menurut dia jelas pemborosan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013 karena hanya untuk pembelian mobil gubernur, wakil gubernur dan Sekretaris Daerah Riau. Fitra mencatat, untuk mobil Gubernur Riau 2013 ada sebanyak dua unit yakni satu jenis (merk) Jeep seharga Rp2,6 miliar dan satu jenis sedan seharga Rp1,65 miiar. Kemudian untuk Wakil Gubernur Riau, juga satu mobil jenis jeep seharga Rp2,6 miliar dan sedan seharga Rp1,65 miliar. Selanjutnya ada juga satu unit mobil sedan seharga Rp829,4 juta yang dialokasikan untuk Sekretaris Daerah Provinsi Riau. Jika ditotalkan, katanya, jumlahnya mencapai Rp9,4 miliar dan semunya bersumber dari dana APBD 2013. Eka Saputra

Loading...
BERITA LAINNYA