PT.RAPP Dan Arara Abadi Paling Banyak Lahan Terbakar


Dibaca: 1980 kali 
Jumat, 28 Februari 2014 - 13:20:38 WIB
PT.RAPP Dan Arara Abadi Paling Banyak Lahan Terbakar

Gagasanriau.com.Pekanbaru-Satgas Tanggap Darurat Asap Riau menyatakan kebakaran lahan juga banyak terdapat di konsesi hutan tanaman industri (HTI) PT Arara Abadi dari Sinar Mas Grup di Kabupaten Bengkalis, Riau.

"Ada asap mengepul dan kebakaran di tengah HTI milik Arara Abadi," kata Komandan Satgas Tanggap Darurat Asap Riau yang juga Komandan Korem 031/WB, Brigjen TNI Prihadi Agus di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Jumat (28/2/2014).

Ia mengatakan, dirinya akan membuka seluruh informasi perihal fakta adanya kebakaran lahan yang juga terjadi di dalam kawasan perusahaan. Ia mengatakan, informasi awal titik api merupakan hasil pemotretan dari pilot pesawat tempur Lanud Roesmin Nurjadin pada 26 Februari lalu.

Dari informasi titik koordinat yang didapatkan, Prihadi melakukan pengecekan ulang menggunakan helikopter bersama BNPB dan Dinas Kehutanan Riau.

"Supaya tidak terjadi fitnah, hasil pemantauan udara berupa titik api kita petakan di peta (konsesi) kemudian disimpulkan oleh dinas kehutanan itu milik siapa," katanya.

Ia mengatakan, kebakaran di konsesi perusahaan berada di sekitar kawasan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil. Namun, ia mengaku heran kenapa area tersebut bisa terbakar padahal lokasinya jauh dari kanal yang dibuka oleh warga sekitar.

"Kita akan segera meminta klarifikasi dari perusahaan Sinar Mas ini," katanya.

Sedangkan untuk kebakaran di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Prihadi mengatakan kuat dugaan akibat perambahan. Sebab, dari pantauan udara terlihat banyak tenda-tenda di sekitar area yang terbakar.

"Ketika sudah diketahui maka akan ditindaklanjuti dengan dua upaya, yakni pemadaman dan penegakan hukum. Untuk paket penegakan hukum kita serahkan semua ke Polda Riau," katanya.

Sementara Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel (Pnb) Andyawan mengatakan penggunaan alutsista skuadron 12 "Black Panther" sangat efektif menemukan dengan pasti lokasi kebakaran lengkap dengan titik koordinatnya. Saat pesawat jet terbang ke Kabupaten Bengkalis, ada 9 titik api terlihat dimana tiga di antaranya berada di konsesi Arara Abdi, tiga titik di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, dan tiga titik di kawasan terbuka tanpa pemilik.

"Sambil melakukan latihan rutin, pilot bisa memotret titik api dengan jelas dari ketinggian sekitar 800 kaki," katanya.(Ant)


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker