IMD Laporkan 45 Mantan DPRD Pekanbaru ke Kejati Riau Tilap Uang Negara


Dibaca: 1877 kali 
Jumat, 31 Oktober 2014 - 14:37:09 WIB
IMD Laporkan 45 Mantan DPRD Pekanbaru ke Kejati Riau Tilap Uang Negara

Gagasanriau.com Pekanbaru-Lembaga Swadaya Masyarakat Indonesian Development Monitoring (IMD) melaporkan 45 mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pekanbaru periode 2009-2014 ke Kejaksaan Tinggi Riau karena disinyalir telah menggelapkan uang negara.

"Kami menemukan adanya indikiasi proyek pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) fiktif di Jakarta oleh pimpinan dan seluruh anggota DPRD Pekanbaru pada 2013 dan merugikan negara Rp636.568.200," kata Direktur Eksekutif LSM IMD, Raja Adnan di Pekanbaru, Kamis (30/10/2014).

Ia berujar, temuan ini didasari atas adanya beberapa kejanggalan, di antaranya, untuk melakukan bimtek yang tujuannya adalah sebuah universitas, maka akreditasi universitas yang dimaksud adalah A atau B. Sedangkan Universitas Krisna Dwipayana yang dituju tidak diketahui akreditasinya.

Selanjutnya, dia mengatakan, surat permohonan yang disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Pendidikan dan Pelatihan Dalam Negeri adalah 30 hari.

Sedangkan penyampaian dilakukan tertanggal 18 Maret 2013 dan pelaksanaan 10 April 2013, yang berarti hanya 19 hari.

Ia menjelaskan bahwa kejanggalan ini semakin diperkuat dengan adanya surat surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ke Walikota Pekanbaru tanggal 10 Januari 2014 yang isinya tidak ada kegiatan Bimtek yang dilakukan oleh DPRD Kota Pekanbaru, dan meminta kepada pimpinan dan anggota DPRD Pekanbaru untuk mengembalikan uang tersebut ke kas negara. Namun, menurutnya, hingga kini uang tersebut belum juga dikembalikan.

"Pengembalian seharusnya 60 hari sejak surat dari Kemendagri itu dikeluarkan, namun hingga saat ini belum juga dikembalikan dan ini sudah seharusnya diproses secara hukum," katanya.(Ant)

Editor Diaz Bagus Amandha


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker