Bupati Inhil HM Wardan Buka Sosialisai Satu Desa Satu PAUD


Dibaca: 1679 kali 
Sabtu, 20 Desember 2014 - 11:18:48 WIB
Bupati Inhil HM Wardan Buka Sosialisai Satu Desa Satu PAUD

Gagasanriau.com Tembilahan-Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan membuka secara resmi sosialissasi Satu Desa Satu PAUD yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Inhil. Jum'at (19/12/14).

Acara turut dihadiri oleh Wabup Inhil, Rosman Malomo, Sekda Inhil, Alimuddin, RM, Bunda PAUD Inhil Zulaikhah, Ketua GOPTKI Inhil, Haryati Alimuddin, Wakil Ketua TP PKK Inhil, Siti Bungatang serta beberpa pejabat di lingkungan Pemkab Inhil dan undangan lainnya, Bupati Inhil dalam sambutaannya menyampaikanbahwa

Kita memaklumi bersama bahwa pembangunan pada bidang Pendidikan tidaklah sama halnya dengan pembangunan di bidang-bidang lainnya. Jika pembangunan pada bidang lainnya, niscaya kita akan melihat produk atau hasilnya dalam rentang waktu yang relatif singkat. Namun, tidak demikian jika kita melaksanakan pembangunan di bidang pendidikan"ungkap Wardan saat menyampaikan pembukaan.

"Pembangunan di bidang pendidikan membutuhkan waktu yang sangat panjang, karena fokus pembangunan di bidang pendidikan adalah membangun jatidiri manusia seutuhnya, baik jasmani maupun rohani,"urainya Wardan.

Oleh karena itu hasil dari pembangunan di bidang pendidikan baru bisa kita lihat dalam kurun waktu satu generasi pendidikan yang berkisar antara 16 tahun sampai 19 tahun, yaitu pendidikan dasar (SD+SMP) 9 tahun, pendidikan menengah 3 tahun, dan pendidikan tinggi sekurang-kurangnya 4 sampai 6 tahun. Itulah yang dimaksudkan satu generasi pendidikan.

"Kemudian kita sadari pula, bahwa pembangunan pendidikan yang sangat fundamental itu sesungguhnya terletak pada pendidikan usia dini, yaitu ketika anak berusia mulai 0 tahun sampai 6 tahun,"sebutnya.

Karena, lanjutnya, pada tahapan ini merupakan awal dilaksanakannya pendidikan kepada anak, yaitu awal bagi seorang anak untuk melakukan interaksi, beraktifitas fisik dan psikis, baik melalui pendidikan rumah tangga, maupun pendidikan di masyarakat.

"Sangat tepat bahwa Kementerian Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah telah merancang pembangunan pendidikan untuk anak usia dini melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal yang tertera dalam Rencana Strategis Kementerian kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah sebagai program strategis untuk mempersiapkan anak Indonesia yang cerdas, berilmu pengetahuan, berakhlak mulia, dan terampil sebagai manusia paripurna yaitu Insan Kamil sebagai kado pada Ulang Tahun Emas Republik Indonesia yang ke-100 tahun, pada Tahun 2045 yang akan datang. Inilah bentuk investasi masa depan yang sangat diperlukan,"pungkasnya

Advertorial/Humas/Ragil Hadiwibowo


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker