Inilah Pusat Perbelanjaan Tanpa Izin di Pekanbaru


Dibaca: 1946 kali 
Kamis, 22 Januari 2015 - 10:01:06 WIB
Inilah Pusat Perbelanjaan Tanpa Izin di Pekanbaru

Gagasanriau.com Pekanbaru - Pusat Pembelanjaan di Kota Pekanbaru banyak yang belum mengurus Izin Usaha Pusat Pembelanjaan (IUPP). Sampai hari ini hanya 2 Pusat Pembelanjaan yang mempunyai izin tersebut yaitu Mall SKA dan Central yang baru di bangun.

"Yang mengurus IUPP di Kota Pekanbaru saat ini hanya 2 yaitu Mall SKA dan Central yang baru ini,"sebut Mas Irbah Sulaiman, Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Kamis (22/1/15).

Mas Irbah menjelaskan, seharusnya pusat perbelanjaan bisa menampung ataupun mengakomodir pedagang kaki lima di sekitarnya.

"Membuat Pusat Pembelanjaan bukannya mudah, sebuah pusat perbelanjaan harus mengakomodir pedagang kaki lima, jika mereka mengurus izinnya maka tidak ada pedagang kaki lima di sekitar pusat pemberlanjaan tersebut,"jelas irbah.

Ditambahkan Irbah, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di pusat perbelanjaan tanpa izin tersebut, maka akan sulit bagi mereka untuk mengklaim asuransi karena tidak memiliki izin.

Selain itu, sebuah pusat perbelanjaan juga harus memperhatikan amdalalin (analisis dampak lalu lintas). Dipaparkan Mas Irbah, pintu masuk sebuah pusat perbelanjaan letaknya tidak boleh kurang dari 300 meter dari jalan raya, hal tersebut disebut Mas Irbah sudah merupakan peraturan dari pusat.

Ditegaskan Mas Irbah, hingga kini hanya Mall SKA yang sudah lolos dari persoalan amdalin tersebut.

"Yang mengikuti peraturan ini baru Mall SKA karena pada waktu itu saya minta agar pintu masuknya hanya satu saja yaitu lewat jalan Tuanku Tambusai ujung di depan Masjid Islamic Center. Sedangkan pintu depan saya minta untuk ditutup dan mereka menyanggupi,"tandasnya.

Jika Disperindag Kota Pekanbaru menyebut baru dua pusat perbelanjaan yang mengantongi IUPP, artinya ada sekitar tujuh pusat perbelanjaan yang bermasalah, yakni:

1. Mal Ciputra Seraya. 2. Mal Pekanbaru. 3. Metropolitan City. 4. Panam Square. 5. Plaza Citra. 6. Plaza Sukaramai. 7. Plaza Senapelan. 8. Lotte Mart.

Reporter Fakhrurrazi Ihsan


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker