4 Hari 47 Hektar Hutan Bengkalis Terbakar


Dibaca: 1909 kali 
Rabu, 11 Februari 2015 - 01:59:59 WIB
4 Hari 47 Hektar Hutan Bengkalis Terbakar

Gagasanriau.com Pekanbaru-Hingga Selasa sore (10/2/2014) seluas 47 hektar hutan dan lahan di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau terbakar dan diperkirakan akan terus meluas, demikian disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah-Pemadam Kebakaran setempat.

"Untuk titik kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Buruk Bakul, Kecamatan Bukit Batu, sudah mulai berkurang, dari sebelumnya 30 hektare menjadi 20 hektare saat ini, namun sejumlah titik kebakaran baru muncul seperti di Kecamatan Siak Kecil, Bengkalis, Bantan, dan Rupat Utara," kata Kepala Bidang (Kabid) Damkar pada Badan Penanggulangan Bencana Dearah (BPBD-Damkar) Bengkalis Suiswantoro di Pekanbaru.

Ia menjelaskan bahwa saat ini Kecamatan Bantan merupakan salah satu wilayah di Bengkalis yang mengalami tingkat Karhutla terbesar dengan luasan kebakaran mencapai 10 hektare. Kemudian diikuti dengan Kecamatan Siak Kecil yang mencapai enam hektare, dan Kecamatan Bengkalis seluas tiga hektare.

Selanjutnya, untuk Kecamatan Rupat Utara terdapat empat titik kebakaran hutan dan lahan yang mencapai empat hektare.

"Di Kecamatan Bantan titik kebakaran berada di Desa Bantan Air, dan yang terbakar merupakan lahan bukaan yang dikelola oleh warga. Kemudian untuk Kecamatan Bukit Batu berada di Desa Sumber Jaya dan berdampingan langsung dengan lahan perusahaan," ujarnya.

Untuk saat ini, lanjutnya, BPBD yang dibantu oleh Kepolisian Resor Bengkalis, Regu Pemadam Kebakaran Perusahaan dan Masyarakat Peduli Api terus berupaya memadamkan titik titik api tersebut.

Ia menyebutkan kencangnya angin yang berhembus dari arah laut dan kontur lahan gambut yang terbakar membuat usaha pemadaman semakin sulit.

Editor Miardi sumber antarariau


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker